Kesehatan

Ini Kronologi Jika Seseorang Terpapar Virus Corona

Jakarta, difanews.com – Berbagai gejala bisa muncul saat seseorang terinfeksi virus Corona. Namun, masih banyak orang yang bingung gejala apa yang akan muncul pertama kali.

Untuk menentukannya, staf medis di sebuah rumah sakit di Cina menyusun buku terkait Covid-19.

Di dalamnya dijelaskan apa saja hal yang bisa mempengaruhi kondisi pasien Covid-19, dengan harapan bisa memperjelas bagaimana virus bisa berkembang.

Dari hasil pengamatan ribuan pasien di Cina sejak awal 2020 lalu, akhirnya pihak rumah sakit mengidentifikasi pola gejala yang biasa dialami pasien Covid-19.

Berikut urutan gejala Covid-19 dari hari ke hari yang dikutip dari laman Express UK.

Hari ke-1
Saat hari pertama terinfeksi Covid-19, gejala ringan mulai muncul seperti demam dan batuk. Namun, pada sebagian kecil kasus juga mengalami gejala lain seperti diare atau mual. Gejala ini bisa muncul 1-2 hari sebelumnya dan bisa menjadi tanda infeksi yang lebih parah.

Hari ke-3
Di hari ketiga ni, rata-rata pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Wenzhou mulai mengalami gejala. Berdasarkan penelitian terhadap 550 rumah sakit di seluruh Cina, banyak pasien Covid-19 yang dirawat mulai mengembangkan pneumonia di hari ketiga.

Hari ke-5
Di hari kelima, pasien Covid-19 yang parah bisa mengalami gejala Corona yang lebih buruk. Mereka mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama pada kelompok lansia atau orang dengan penyakit komorbid yang berpengaruh sebelumnya.

Hari ke-7
Pada hari ketujuh, pasien Covid-19 di Wuhan, Cina rata-rata mengalami gejala lainnya. Umumnya, mereka mengalami gejala sesak napas.

Hari ke-8
Di titik ini, pasien dengan Covid-19 yang parah mungkin akan mengalami sesak napas, pneumonia, atau sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Jika mengalami sindrom ARDS ini seringkali berakibat fatal.

Hari ke-9
Beberapa pasien di Wuhan juga mulai mengembangkan gejala sepsis pada hari ke-9. Sepsis merupakan infeksi yang disebabkan karena respons kekebalan yang agresif.

Hari ke-10 sampai ke-11
Pada hari ke-10 dan ke-11, gejala yang dialami pasien Covid-19 semakin memburuk dan kemungkinan besar akan dirawat di ICU. Pasien Covid-19 tersebut mungkin mengalami sakit perut yang berlebih dan kehilangan nafsu makan yang lebih besar, dibandingkan dengan pasien yang bergejala ringan.

Hari ke-12
Sebagian pasien Covid-19 mungkin mulai sembuh dari demam setelah hari ke-12. Tetapi, jika kondisinya semakin memburuk, di hari ke-12 ini kemungkinan dirawat di ruang ICU.

Hari ke-16
Berdasarkan sebuah studi, di hari ke-16 ini gejala batuk pada sebagian pasien Covid-19 mulai berkurang, bahkan ada yang sembuh.

Hari ke-17 sampai ke-21
Pada rentang waktu ini, rata-rata pasien Covid-19 di Wuhan sudah sembuh dari virus Corona dan mulai dipulangkan dari rumah sakit. Namun, ada juga pesien yang tidak tertolong dan meninggal setelah dirawat di rumah sakit selama 2,5 sampai 3 pekan.

Hari ke-19
Berdasarkan penelitian, pada hari ke-19 ini sesak napas yang dialami para pasien Covid-19 kemungkinan akan pulih.

Hari ke-27
Rata-rata pasien Covid-19 di Wuhan dirawat di rumah sakit hingga 27 hari tak semuanya bisa langsung pulang, ada beberapa yang harus dirawat lebih lama. Meskipun diijinkan pulang, bukan berarti gejala yang dialaminya sudah hilang sepenuhnya.

Beberapa pasien Corona melaporkan masih mengalami gejala Covid-19 selama berbulan-bulan. Gejala yang dialami, seperti nyeri dada, sesak napas, mual, jantung berdebar-debar, hingga kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa.

Sumber: Detik Health.


Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker