Essay

Pusat Pertanggungjawaban: Pusat Pendapatan dan Pusat Biaya

Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Tahun 2022

Pusat Pertanggungjawaban

Pusat tanggung jawab merupakan organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap aktivitas yang dilakukan. Pada hakikatnya perusahaan merupakan sekumpulan pusat-pusat tanggung jawab, yang masing-masing diwakili oleh sebuah kotak dalam bagan organisasi.

Fungsi pusat pertanggung jawaban.Fungsi dari berbagai pusat tanggung jawab dalam perusahaan adalah untuk mengimplementasikan strategi perusahaan. Karena setiap organisasi merupakan sekumpulan pusat tanggung jawab, maka jika setiap pusat tanggung jawab telah memenuhi tujuannya, maka cita-cita organisasi tersebut juga telah tercapai.

Menurut Prawironegoro dan Purwanti, terdapat empat jenis pusat pertanggungjawaban yaitu: (1) Pusat Biaya, (2) Pusat Laba (3) Pusat Pendapatan dan (4) Pusat Investasi.  Suatu pusat pertanggungjawaban dibentuk untuk mencapai salah satu atau beberapa tujuan yang secara individual serasi, selaras dan seimbang dengan tujuan organisasi secara keseluruhan.

Di sini, akan dijelaskan hanya pusat pendapatan dan pusat biaya karena sesuai judul narasidi atas “Pusat PertanggungJawaban : Pusat Pendapatan dan Pusat Biaya”

Pusat pendapatan

Pusat pendapatan adalah pusat pertanggungjawaban yang kinerja manajernya diukur pendapatan yang diperoleh dari pusat pertanggungjawaban, dan tidak diminta pertanggungjawaban mengenai biaya masukannya, karena biaya tersebut tidak dapat mempengaruhi pemakaian masukan tersebut .

Di pusat pendapatan, suatu pendapatan (output) diukur secara moneter, akan tetapi tidak ada upaya formal yang dilakukan untuk mengaitkan biaya (input) dengan pendapatan. Pada umumnya, pusat pendapatan merupakan unit pemasaran/penjualan yang tak memiliki wewenang untuk menetapkan harga jual dan tidak bertanggung jawab atas harga pokok penjualan dari barang-barang yang mereka pasarkan. Penjualan atau pesanan aktual diukur terhadap anggaran dan kuota, dan manajer dianggap bertanggung jawab atas biaya yang terjadi secara langsung di dalam unitnya, akan tetapi ukuran utamanya adalah pendapatan.

Pusat Biaya

Pusat biaya adalah pusat pertanggungjawaban dimana masukan atau biayanya diukur dengan satuan uang.Akan tetapi keluarannya tidak diukur dalam satuan mata uang.Pusat biaya merupakan pusat pertanggungjawaban yang manajernya bertanggungjawab atas biaya yang terjadi dalam unit tersebut, yang meliputi keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk aktivitas usaha. Bustami dan Nurlela Mendefinisikan Bahwa “Biaya atau cost adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu’’.

Prestasi keluaran dari suatu pusat biaya diukur dengan melihat sampai sejauh mana keefektifan pusat pertanggungjawaban tersebut.Efesiensi berarti menunjukkan prestasi keuangan dari pimpinan yang diukur dengan membandingkan nilai output, input, pemiliharaan skedul produksi dan sebagainya sehingga dapat dikatakan bahwa pengukuran prestasi manajemen dinilai atas dasar biaya dalam pusat pertanggungjawaban yang dipimpinnya. Penilaian dan evakuasi manajer pusat biaya yaitu manajer diharapkan mampu menekan atau meminimalkan biaya-biaya digunakan oleh pusat pertanggungjawaban serta paling sebagian besar organisasi dengan membandingkan aktual terhadap biaya yang dianggarkan jumlah unit aktual yang dihasilkan selama periode tertentu.

“Pusat pertanggung jawaban itu adalah gambaran dari sebuah perusahaan dimana semua yang di dalamnya harus bertanggung jawab atas tugas masing masing agar hasil proses dari input ke output itu menjadi maksimal. Dengan adanya pusat pertanggungjawaban, maka manajemen perusahaan lebih mudah untuk dikontrol.”

Disusun oleh
Kelompok 3
Febriant Nurul Hafidoh ( 19101201586 )
Syifa Nazlaul Aulia ( 191011200553 )
Wildan Fathan ( 191011202171 )

Daftar Pustaka
 https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pusat_pertanggungjawaban
https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/1200/Kristina%20R.%20Novitasari%20Gurning.pdf?sequence=1&isAllowed=y#:~:text=Menurut%20Prawironegoro%20dan%20Purwanti%2C%20terdapat,(4)Pusat%20Investasi%E2%80%9D.
https://www.academia.edu/30270611/Klmp_2_SPM_Pusat_Pendapatan_dan_Biaya

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button