News

Pertamina Bergairah Dukung Visi Presiden Prabowo untuk Swasembada Pangan dan Energi

Oki Muraza

DIFANEWS.COM – Presiden Prabowo Subianto menargetkan pencapaian swasembada pangan dan energi selama periode pemerintahan Kabinet Merah Putih 2024-2029 seperti disampaikan dalam pidato kenegaraan pascapelantikan.

Untuk mendukung visi tersebut, PT Pertamina (Persero) menegaskan kesiapannya mengembangkan berbagai teknologi guna meningkatkan produksi migas nasional.

Senior Vice President (SVP) Technology Innovation PT Pertamina Oki Muraza menyampaikan bahwa arahan Prabowo telah menjadi dorongan besar bagi Pertamina untuk memperkuat ketahanan energi nasional.

“Kami melihat pidato Pak Presiden Prabowo sebagai sebuah semangat untuk memiliki swasembada pangan, energi, dan air. Di bidang kami, energi, kami melihat tentunya sangat mungkin untuk mengejar cita-cita mulia tersebut,” ujar Oki dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia, Selasa (22/10), dilansir CNBC Indonesia.

Oki menilai swasembada energi dapat dilaksanakan dengan meningkatkan utilisasi semua sumber energi yang dimiliki perusahaan. Mulai dari mengerek produksi migas hingga menggali potensi energi baru dan terbarukan (EBT) seperti geothermal dan bioenergi.

Di sektor hulu migas, Oki menyebut bahwa Indonesia sejatinya masih mempunyai potensi untuk dioptimalkan. Misalnya, melalui beberapa inisiatif pengembangan teknologi baik untuk Enhance Oil Recovery (EOR), pemanfaatan stranded gas, dan pengembangan migas non-konvensional.

“Saat ini Indonesia masih memiliki produksi migas, minyak dan gas bumi. Itu kita berusaha tingkatkan. Jadi kita ada beberapa inisiatif pengembangan teknologi untuk meningkatkan produksi di hulu,” kata dia.

Selain fokus di sektor hulu migas, Oki juga menekankan pentingnya investasi Pertamina di sektor energi terbarukan. Untuk listrik berbasis energi bersih contohnya, Pertamina tengah berupaya menggandakan kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).

“Pertamina mengejar doubling capacity di geothermal, potensi kita sangat besar, 24 Giga Watt, dan saat ini hanya less than 10% yang sudah di-utilized, kita coba kejar di geothermal,” katanya.

Di samping itu, Pertamina juga serius mengembangkan bioenergi sebagai bagian dari strategi diversifikasi energi.

“Bioenergi ini yang sedang kita kejar saat ini. Kalau dari pidato Pak Presiden Prabowo, semangatnya adalah bagaimana kita meng-utilize biodiversity ini untuk kemudian memperkuat ketahanan energi kita,” ujarnya.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button