News

Keistimewaan Hari Rabu: Allah SWT Menciptakan Cahaya pada Hari Itu

Hari Rabu merupakan hari istimewa dalam hari Islam, sebab di hari itu Allah SWT menciptakan cahaya.

BOGOR, DIFANEWS.com – Hari Rabu dalam Islam sangat istimewa. Allah SWT menciptakan cahaya pada hari Rabu. Itulah salah satu keistimewaan Rabu dalam Islam.

Cahaya adalah sumber kehidupan yang menerangi, membuat dunia ini ada. Dengan cahayalah manusia bisa melihat dan makhluk hidup bisa tumbuh berkembang.

Bahkan, nur (cahaya) Nabi Muhammad diciptakan sebelum Nabi Adam As diciptakan.

Betapa agungnya cahaya. Allah tidak akan menciptakan dunia dan isinya sebelum menciptakan nur Nabi Muhammad. Cahaya Nabi Muhammad yang menerangi dunia.

Dengan nur, manusia bisa mengenali siapa Sang Pencipta, mengenal sifat-sifat-Nya, termasuk memahami kehendak-Nya sehingga kita menjadi manusia yang rendah hati dan bertakwa kepada Allah.

Dalam suatu riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW pernah mengatakan, pada hari Rabu, Allah menghancurkan Raja Fir’aun dan kaumnya dengan cara ditenggelamkan. Di hari Rabu pula, Allah memusnahkan kaum Tsamud, kaum ‘Aad, yaitu kaum Nabi Saleh AS yang mengingkari kerasulan dan kenabiannya.

Keistimewaan hari Rabu adalah hari yang paling baik untuk memulai belajar (mengaji), hari yang paling utama untuk melakukan pekerjaan baik, dan hari yang berkah bagi orang muslim.


Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker