Bisnis

Untuk Memberdayakan Ekonomi Keluarga, 30 Istri Nelayan Mataram Segera Dapat Pelatihan

Ketika para nelayan tak bisa melaut karena cuaca tak bersahabat, para istri pun bisa berbuat.

JAKARTA, DIFANEWS.com– Dinas  Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram, NTB, berencana memberikan pelatihan mengolah ikan bagi para iostri nelayan. Program ini dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat nelayan sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Ketika suami tidak melaut karena cuaca ekstrem, para istri bisa membantu mengolah ikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Kepala Dinas DKP Kota Mataram, Baiq Sujihartini, dikutip dari Antara, Jumat (8/3).

Baiq menambahkan progam pelatihan itu akan dilaksanakan akhir Maret. Masih diseleksi siapa saja yang berhak ikut program ini karena sebagian lainnya pernah mengikuti program serupa tahun lalu.

Rencananya, DKP akan memberi pelatihan kepada paling sedikiy 30 istri nelayan yang akan dibagi dalam tiga kelompk masing-masing 10 orang untuk memudahkan pembinaan.

Proigram yang disiapkan DKP antara lain cara membuat abon ikan, memindang ikan, dan kerupuk ikan.

“Setelah pelatihan, para peserta akan mendapatkan berbagai peralatan pengolahan ikan sebagai modal awal agar mereka bisa langsung mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh,” ujarnya.

Ditambahkan Baiq, sepanjang 2019, DKP berencana memberikan pelatihan kepada 10 kelompkok namun pelaksanaanya bertahap. Sebagian kelompok akan dilatih bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Bazarnas) Kota Mataram.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button