Kesehatan

7 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Organ Reproduksi & Kemandulan

JAKARTA, DIFANEWS.com — Banyak pasangan suami-istri yang gagal mendapatkan momongan alias keturunan karena salah satunya mengalami gangguan kesuburan atau mandul.

Ketidaksuburan atau kemandulan bisa disebut juga infertilitas, dapat terjadi karena berbagai sebab. Bahkan penyebabnya seringkali berasal dari kebiasaan sederhana sehari-hari yang ternyata kurang sehat dan tidak disadari.

Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu kemandulan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Merokok

Gangguan organ reproduksi juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Meski tidak langsung menyebabkan kemandulan, organ reproduksi Anda bisa bermasalah karena kebiasaan ini.

Merokok juga bisa mempengaruhi kesuburan pria maupun wanita meski tidak secara langsung.

Begadang & Kurang Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan yang penting bagi manusia, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk organ-organ reproduksi. Dikutip dari Verywell Family, beberapa penelitian mengatakan bahwa adanya hubungan antara kurang tidur dan menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur ini juga bisa menjadi salah satu gejala dari infertilitas atau kemandulan.

Tak hanya itu, kebiasaan begadang juga berkaitan dengan obesitas yang bisa menyebabkan masalah ovulasi pada wanita dan membuat sperma pria kurang sehat.

Sebuah penelitian dalam jurnal Medical Science Monitor pada 2017, mengatakan bahwa pria akan menghasilkan sperma yang buruk jika tidur kurang dari enam jam.

Penelitian lain mengungkapkan pria yang jam tidurnya sedikit juga akan menghasilkan sperma yang lebih sedikit dari jumlah normal.

Konsumsi Kafein Berlebihan

Siapa yang tak suka kopi? Pasti hampir semua kalangan menyukainya, terlebih dengan rasa yang lebih beragam. Tapi, minuman enak ini jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kemandulan.

Beberapa penelitian mengungkapkan, jika mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg dalam sehari, bisa mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

Perlu diketahui, kafein ini ternyata tidak hanya ada pada kopi. Tapi bisa juga dari teh, soda berkafein, sampai minuman berenergi.

Konsumsi Junk Food Berlebihan

Seperti diketahui, obesitas sangat berkaitan dengan kesuburan pria maupun wanita. Obesitas ini bisa juga diakibatkan konsumsi junk food yang berlebihan.

Selain itu, kandungan asam lemak trans yang tinggi pada junk food bisa menurunkan jumlah sperma secara drastis. Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang tidak baik untuk kesuburan.

Stres

Ternyata stres juga bisa mempengaruhi kesehatan organ reproduksi. Hal ini bisa mengganggu siklus ovulasi pada perempuan dan menurunkan kualitas serta kuantitas sperma pria.

Bahkan stres ini juga bisa mengganggu libido hingga mengurangi hasrat seksual.

Seks Tidak Sehat

Jika Anda termasuk orang yang suka gonta-ganti pasangan saat bercinta, bisa jadi kesuburan Anda dalam masalah. Seks yang tidak sehat sangat erat hubungannya dengan penyakit menular seksual (PMS), yang menjadi penyebab utama kemandulan.

Saat terjadi infeksi pada organ reproduksi karena PMS ini, bisa menyebabkan saluran tuba pada wanita tersumbat. Bahkan beberapa jenis PMS juga bisa menyebabkan keguguran dan membahayakan janin dalam kandungan.

Kurang atau Kelebihan Berolahraga

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tapi harus dilakukan sesuai batasnya. Saat Anda jarang berolahraga, bisa sangat berpengaruh pada kondisi organ reproduksi, karena berkaitan erat dengan obesitas.

Namun, olahraga berlebihan juga tidak baik. Jika berolahraga dengan intensitas berat lebih dari satu jam sehari atau 7 jam dalam sepekan, bisa mengganggu kesuburan pria maupun wanita.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker