Kesehatan

Buah Zaitun Juga Bisa Jaga Imunitas Tubuh Lho

Meskipun memiliki kadar lemak tinggi, lemak pada buah zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang justru memberikan manfaat baik untuk tubuh.

JAKARTA, DIFANEWS.com – Buah zaitun (Olea europaea) menyandang sebutan superfood. Manfaat zaitun sangatlah beragam, mulai dari menjaga kesehatan tubuh, perawatan kulit dan rambut, sampai mencegah penuaan dini.

Berdasarkan fatsecret.co.id, dikutip tribunnews.com, dalam satuan 100 gram, buah zaitun memiliki kandungan sekitar 117 kalori yang terdiri atas 80% lemak, 17% karbohidrat, dan 3% protein.

Meskipun memiliki kadar lemak tinggi, lemak pada buah zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang justru memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Selain itu, buah zaitun juga kaya akan antioksidan serta kandungan vitamin dan mineral di antaranya vitamin E, vitamin A, natrium, kalsium, dan zat besi. Beragam nutrisi baik pada zaitun menjadi asupan yang baik, khususnya di masa new normal ini.

Bagi Anda yang akan kembali beraktivitas di luar, pastikan ketahui lebih jauh apa saja manfaat buah zaitun.

Sumber Antioksidan

Buah zaitun merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh karena mencakup oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleanolic, dan quercetin yang memberikan manfaat pada kesehatan mulai dari memerangi peradangan hingga mengurangi pertumbuhan mikroorganisme.

Antioksidan asam oleanolic dalam buah zaitun dapat membantu mencegah kerusakan hati, mengatur lemak darah, dan mengurangi peradangan. Antioksidan quercetin dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Karena kaya akan antioksidan, jelas buah zaitun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antiinflamasi

Dr. Frank Lipman, M.D seorang dokter pengobatan fungsional melalui situs mindbodygreen.com menuliskan bahwa buah zaitun dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan atau bersifat antiinflamasi.

Manfaat zaitun ini dapat menghindarkan Anda dari rasa nyeri pada sendi, sehingga sangat baik bagi Anda yang sudah menginjak usia 30-an.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan hasil studi terbaru dari American College of Cardiology, serangan jantung cukup umum dialami para dewasa muda, tepatnya di usia 20 hingga 30 tahunan. Penting untuk menjaga kesehatan jantung sedini mungkin.

Melansir dari healthline.com, kandungan asam oleat yang terdapat pada buah zaitun bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung karena dapat mengatur kadar kolesterol dan melindungi LDL atau kolesterol jahat dari oksidasi serta membantu menurunkan tekanan darah.

Seperti diketahui, kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Mencegah Penuaan Dini

Ketika menginjak usia 30-an, tubuh kita akan mengalami perubahan fisik. Di antaranya mudah lelah, sendi kaku, dan sistem imun dalam tubuh berkurang. Bila dibiarkan, Anda mudah jatuh sakit serta mengalami penuaan dini.

Kandungan antioksidan polifenol dalam zaitun dapat membantu mengurangi stres oksidatif di tubuh sehingga menghindarkan Anda dari penuaan dini. Kemudian zaitun juga mengandung vitamin A, D, K, dan E yang berperan penting untuk melawan faktor ’U’.

Selain dari minyak atau dikonsumsi langsung, manfaat yang sama dari buah zaitun juga bisa dirasakan dari ekstrak buah zaitun atau Hytolive.

Kandungan Hytolive ini bisa Anda temukan pada susu Entrasol. Susu tinggi kalsium plus dengan Profit Formula (Power Bone dan Hytolive) ini bermanfaat untuk melindungi organ tubuh dari penyakit degeneratif  (osteoporosis, penyakit jantung koroner, rematik, cepat lelah, dan lain-lain) sehingga hidup sehat aktif.

Dengan varian rasa Mochacino, Chocolate, dan Vanilla Latte membuat Entrasol lebih nikmat dikonsumsi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker