Olahraga Umum

Dengan Berenang, Pemain Ganda Campuran Indonesia Bisa Rileks & Sehat

Intensitas latihan pekan ini cukup berat, khususnya program persiapan jelang turnamen Blibli Indonesia Open, Juli 2019.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Sekali dalam sepekan, para pemain ganda campuran Pelatnas melakukan relaksasi dan recovery. Para pemain Pelatnas utama dan pratama ganda campuran, didampingi asisten pelatih Nova Widianto dan pelatih fisik Felix Ary Bayu Marta, mengisi sesi acara dengan renang bersama di Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (28/6) sore.

Diungkapkan coach Felix, sesi ini selain bisa untuk relaksasi dan recovery, juga bermanfaat bagi atlet dalam melatih pernafasan mereka. Sebelum renang, mereka diberi program untuk latihan nafas.

“Dari kemarin-kemarin kan mereka latihannya berat sekali, jadi memang sudah biasa di hari Jumatnya diisi dengan renang. Kira-kira jadwalnya itu sepekan sekali,” kata Felix saat kepada Badmintonindonesia.org.

“Manfaatnya banyak sekali. Salah satunya recovery. Karena tempat renangnya beda, bisa buat refreshing juga. Jadi ini seperti latihan sprint yang pindah dari track lari ke kolam renang, tapi impact atau benturannya lebih kecil dibanding lari,” jelasnya.

Lebih lanjut, Felix menuturkan bahwa olahraga di air membuat otot lebih rileks. Tim ganda campuran juga berendam di jacuzzi, aliran air hangat di jacuzzi bermanfaat untuk relaksasi otot dan melancarkan peredaran darah.

“Karena itu, sebetulnya berenang tidak membuat atlet jadi kelelahan, tapi justru rileks, makanya bisa dilakukan saat persiapan mau tanding. Contohnya yang sudah kami terapkan dan lihat hasilnya sendiri di Asian Games 2018,” tutur Felix.

Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky memang mengatakan bahwa intensitas latihan pekan ini cukup berat, khususnya program persiapan jelang turnamen Blibli Indonesia Open, Juli 2019.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker