BisnisNews

Dukung Operasional KIPI dan KIKI Kaltara, Kadin Teken Kerja Sama

JAKARTA, difanews.com — Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid dan Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang sepakat jalin kerja sama terkait dukungan operasional Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) Tana Kuning-Mangkupadi di Kabupaten Bulungan dan Kawasan Industri Kalimantan Indonesia (KIKI).

Kedua kawasan ini disebut sebagai kawasan industry terbesar di dunia dengan luas 30 ribu hectare. Nota Kerja Sama diteken di Jakarta, Kamis (3/2).

Turut hadir dalam acara penandatanganan diantaranya Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan Denon Prawiraatmadja beserta jajaran Komite Tetap dan Ketua Umum Kadin Provinsi Kalimantan Utara Kilit Laing.

Pengembangan operasional KIPI dan KIKI diperlukan suatu sistem transportasi baik darat, laut dan perairan serta udara yang efektif dan efisien baik dalam rangka pengambilan bahan baku untuk proses produksi dan transportasi untuk memasarkan hasil produksi yang berupa barang dan jasa ke seluruh pelosok Indonesia hingga untuk ekspor ke negara lain.

Sistem transportasi ini juga perlu ditunjang dengan keberadaan sarana dan prasarana insfrastruktur transportasi yang sesuai disertai pengembangan sumber daya manusia yang kredibel dan mumpuni.

Terkait dengan hal tersebut, Kadin Indonesia Bidang Perhubungan akan berupaya membantu Pemerintah Kaltara untuk mengembangkan sektor transportasi yang aman, nyaman serta efektif dan efisien untuk menunjang keberlangsungan KIPI dan KIKI sehingga dapat tumbuh dan berkembang mendukung perekonomian Kalimantan Utara dan Indonesia.

Kerja sama ini akan diawali dengan pengembangan Jaringan Penerbangan Perintis Indonesia (JPPI) atau Indonesia Aerobridge Network (IAN) yang sedang dikembangkan Kadin Indonesia Bidang Perhubungan untuk diterapkan di Kaltara.

JPPI tersebut diharapkan juga dapat dipergunakan masyarakat Kaltara dalam menunjang kehidupan sehari-hari sehingga Kaltara, meski menjadi salah satu provinsi termuda di Indonesia, dapat lebih berkembang seiring dengan provinsi-provinsi lainnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker