News

Ini Penjelasan BNPB dan Astronom Indonesia, Saat Fenomena Langit Merah di Jambi Pada Siang Hari

Fenomena ini umum terjadi dan salah satu penyebab langit biru dan memerah saat senja.

BOGOR, DIFANEWS.com – Pada Sabtu (21/9) media sosial heboh oleh foto dan video postingan akun instagram @makassar_iinfo.

Di dalam video terlihat perekam sedang memperhatikan dan memperlihatkan daerahnya yang saat itu langitnya berwarna kemerahan.

Diketahui melalui tulisan di postingan tersebut foto dan video tersebut diambil di Desa Pulau Mentaro, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro, Jambi, Jambi.

Foto dan video tersebut diambil pada siang hari tepatnya 14.00 WIB.

Yang menjadi aneh, langit berwarna merah di saat siang hari yang biasa nya langit berwarna merah ketika senja atau fajar.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibuwo Soetarno mengungkapkan bahwa warna merah terjadi karena pergerakan kabut asap dari titik api atau hotspot.

foto langit memerah di Muaro Jambi

Namun menurut astronom amatir Indonesia yang bernama Marufin Sudibyo, fenomena langit berwarna merah ini bukanlah karena tingginya suhu ataupun pengaruh api. β€œIni nampaknya fenomena Hamburan Rayleigh.” Pungkasnya.

Marufin juga mengatakan bahwa fenomena warna langit yang berubah ini memang umum terjadi, Karena fenomenya Reyleigh inilah yang menjadi penyebab kenapa langit biru pada siang hari dan memerah saat senja atau fajar.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker