News

Kementan Gelontorkan Seribu Ekor Bibit Ayam kepada Santri Milenial Cirebon

Santri tak selalu harus bisa berdakwah tapi juga bisa ahli dalam bidang pertanian, termasuk budidaya ternak ayam.

CIREBON, DIFANEWS.com — Santri Tani yang memiliki lahan 8 hektare dengan menampung 400 orang santri akan mendapat bantuan 1.000 ekor bibit ayam. Selain itu para santri mendapat pelatihan tentang peternakan yang dikelompokkan 20-30 orang.

Demikian dikatakan Momon Rusmono MS, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) di Gedung Aula Universitas Muhammadiyah, Cirebon, Sabtu (9/3).

Lebih lanjut  Momon menjelaskan, Kabupaten Cirebon khususnya memperoleh bantuan sebesar Rp6,9 miliar pada 2014, sedangkan pada 2019 bertambah menjadi Rp30 miliar. “Berarti ada kenaikan 87%,”kata Momon di depan 1000 penyuluh, petani, santri tani milenial yang hadir di kegiatan Bimbingan Teknis Budidaya Ayam dan Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUB), dengan program Gerakan Penyuluh, Petani, dan Santri Milenial dalam Mendukung Lumbung Pangan Dunia 2045.

Untuk kegiatan bimbingan teknis budidaya ayam di wilayah Cirebon difasilitasi sebanyak 85 kelompok. Kelompok para santri milenial akan dilatih proses berternak, pemeliharaan bibit, pemberian pakan, perawatan obat-obatan, pembuatan kandang, hingga mereka mahir memasarkannya.

Dengan demikian, santri ini diharapkan tidak hanya aktif berdakwah agama, tapi juga mempunyai keahlian lainnya. Jadi program ini sebagai upaya dari Kementan untuk menciptakan santri yang ahli dalam bidang pertanian, khususnya budidaya ternak ayam.” kata Momon di depan para wartawan.

Kebijakan tersebut juga akan dilakukan BPPSDMP dalam penyuluhan pertanian pada 2020 dan diarahkan untuk mendukung SDM yang adaptif serta informatif. Penyuluhan ini dilakukan guna menguatkan kelembagaan penyuluhan di tingkat kecamatan dan desa.

Saat ini pembangunan sumber daya manusia jadi perhatian yang serius, karena untuk ke depannya kita tidak bisa lagi mengandalkan sumber daya alam yang melimpah tanpa mampu memelihara serta mengolahnya.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan bantuan alsintan meliputi hand traktor, cultivator, pompa air, power threseer, corn seller, border (pemanas ayam boiler), bibit komoditas hortikultura dan pertenakan. Bantuan diberikan langsung oleh Momon, disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rachmat Sutrisno. (EQ)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker