Sepakbola Eropa

Liverpool & 7 Tim Lainnya Pastikan Lolos ke Fase Knock Out Liga Champions

Jakarta, difanews.com — Delapan tim memastikan diri lolos ke fase knock put Liga Champions menyusul pertandingan-pertandingan yang digelar Selasa atau Rabu (2/12) dinihari WIB.

Keempat tim itu terdiri atas Bayern Munich, Manchester City, Liverpool, Porto. Chelsea, Sevilla, Juventus, dan Barcelona.

Di Grup A, meskipun hanya bermain 1-1 saat dijamu Atletico Madrid di Metropolitan Stadium, Munich memastikan diri jadi juara grup dengan 13 poin, sementara Atletico baru mengemas 6 poin dan rawan disalib Red Bull Salzburg yang baru mengantongi 4 poin.

Penentuan siapa yang akan lolos sebagai runner-up grup ditentukan 9 Desember ketika Salzburg menjamu Atletico. Salzburg sendiri baru mengemas 1 kemenangan setelah pada laga tadi pagi menang 3-1 atas Lokomotiv Moscow di Moskow, Rusia.

Di Madrid, gol tunggal Munich dicetak Thomas Mueller pada menit 86 setelah Atletico unggul sejak menit 26 melalui gol Joao Felix.

Di Grup B, belum ada tim yang memastikan lolos setelah Real Madrid dikupas Shakhtar Donetsk dengan skor 2-0 lewat gol Dentinho menit 57 dan Manor Solomon menit 82.

Dengan kekalahan itu Madrid tertahan di posisi 3 dengan poin 7 di bawah Donetsk yang juga mengantongi poin 7. Borussia Muenchengladbach di peringkat 1 dengan 8 poin.

Borussia bernasib nahas di kandang mereka sendiri, kalah 2-3 dari Inter Milan yang kini mengemas 5 poin di posisi 4. Artinya, Inter masih berpeluang lolos sebagai runner-up grup jika mengalahkan Donetsk di laga terakhir, 9 Desember, sementara akan terjadi pertandingan hidup-mati antara Madrid dan Borussia di Alfredo di Stefano.

Yang aman Grup C, di mana Manchester City dan Porto lolos sebagai juara dan runner-up grup dengan poin 13 dan 10.

Di Matchaday 5, Porto yang menjamu Man City bermain kaca mata di Estadio do Dragao karena sudah memastikan sama-sama lolos. Sementara Marseille melipat Olympiacos 2-1 untuk membuka asa lolos ke Europa League. Di Matchday 1, Olympiacos menang 1-0 atas Marseille. Kedua tim sama-sama mengantongi nilai 3 karena saling menang dari tim yang sama.

Di pertandingan terakhir atau Matchday 6, Marseille akan dijamu Man City, sedangkan Olympiacos menjamu Porto.

Liverpool juga aman melenggang ke fase knockout setelah mencetak sebiji gol melalui Curtis Julian Jones yang bertugas menjaga lini tengah bersama Jordan Henderson dan Giorginio Wijnaldum di menit 58. Ini jadi kemenangan kedua Liverpool atas tim asal Amsterdam itu setelah di Matchday 1 menang 1-0 melalui gol bunuh diri Nicolas Tagliafico.

Liverpool mengemas 12 poin dan tak mungkin dikejar Atalanta (poin 8) yang bermain 1-1 melawan Midtjylland. Atalanta dan Ajax akan berjibaku dalam laga hidup-mati di Matchday terakhir, ketika Liverpool dijamu Midtjylland di Herning, Denmark.

Di Grup E, Chelsea dan Sevilla juga memastikan lolos ke fase knockout karena sama-sama sudah meraup 10 poin, seangkan Krasnodar dan Rennes di posisi 3-4, masing-masing dengan 1 poin.

Grup E sendiri baru memainkan Matchday 5 pada Rabu atau Kamis (3/12) dinihari di Indonesia. Krasnodar menjamu Rennes, sementara Chelsea akan bertandang ke Ramon Sanchez Pizjuan, kandang Sevilla.

Grup F juga akan memainkan pertandingan lanjutan pada Kamis dinihari nanti. Dortmund menjamu Lazio dan Zenit Saint Petersburg tandang ke Club Brugge. Dortmund di posisi teratas dengan 9 poin, diikuti Lazio 8 poin, Brugge 4, dan Zenit 1.

Di Grup G, yang akan melakoni pertandingan kelima pada Kamis besok, sudah memastikan Barcelona dan Juventus lolos –tinggal mencari posisi juara grup.

Barcelona meraup 12 poin, Juve 9 poin. Dynamo Kyiv dan Ferencvaros masing-masing baru menggaet 1 poin.

Di pekan kelima, Juve akan kedatangan Kyiv, sedangkan Barcelona dijamu Ferencvaros di Budapest.

Di Grup H masih ramai. Manchester United di posisi teratas dengan 9 poin, sedangkan Paris Saint-Germain dan RB Leipzig menempati posisi 2-3 dengan poin sama, 6. Istanbul Basaksehir di posisi juru kunci dengan 3 poin.

PSG dan Man United sama-sama wajib menang pada laga Kamis nanti di Old Trafford. Posisi PSG lebih krusial karena berada dalam ancaman langsung dari klub Jerman RB Leipzig yang akan bertanding di Istanbul. Jika kalah dari Man United dan Leipzig mengalahkan Istanbul, posisi mereka tersingkir ke peringkat 3.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker