Sepakbola Eropa

Luis Enrique Bela Sergio Ramos yang 2 Kali Gagal Penalti

JAKARTA, DIFANEWS.com — Sergio Ramos mestinya bisa mencetak sejarah dengan sangat manis, tapi dua kali gagal dalam tendangan penalti sedikit merusak reputasinya.

Bermain di kandang Swiss di St-Jacob Park, Basel, Minggu (15/11) dinihari WIB, Spanyol ditahan imbang tuan rumah 1-1, pada pertandingan lanjutan Grup 4 Nations League. Akibatnya, Spanyol tertahan di posisi kedua di bawah Jerman karena pada hari yang sama Jerman menang 3-1 atas Ukraina.

Untuk bisa lolos ke putaran final atau Final Four, Spanyol wajib menang atas Jerman di La Cartuja, Sevilla, 17 November. Ini pertandingan hidup mati bagi Spanyol, sebab jika bermain imbang saja mereka takkan lolos ke Final Four.

Jermain di posisi puncak dengan 9 poin, Spanyol menempat peringkat 2 dengan 8 poin, diikuti Ukraina (6) dan Swiss (3).

Pada pertandingan di Basel sendiri, Ramos tampil sebagai kapten di laga ke-177-nya sepanjang kariér sekaligus jadi rekor Eropa. Dengan capaian itu, Ramos melewati rekor kiper Gigi Buffon (Italia) sebagai pemain terbanyak Eropa yang bermain di tim nasional.

Rekor itu tentu masih akan bertambah karena Ramos masih akan aktif sebagai pemain Timnas.

Sayangnya, seperti dilaporkan givemesport.com, rekor itu memang agak tercoreng karena Ramos dua kali gagal menceploskan bola melalui penalti setelah Spanyol tertinggal 0-1 melalui gol Remo Fueller.

Spanyol terus menggempur Swiss untuk menyamakan kedudukan dan menang demi tiket ke Final Four Nations League. Tapi, kiper Swiss, Yan Sommer, juga bermain gemilang. Secara keseluruhan, Swiss mencatat 19 clearence, sementara Spanyol hanya 3 clearence.

Swiss bahkan nyaris membobol Spanyol setelah kiper Unai Simon yang tampil sebagai starting, melalukan blunder ketika ia coba menghadang Haris Seferovic. Seferevic berhasil melewati Simon, tapi tendangannya memasuki ruang kosong.

Di menit 57, Spanyol mendapatkan peluang menyamakan kedudukan melalui penalti. Tapi, tendangan Ramos ke sudut kanan kiper mampu diblok Sommer.

Lagi, di menit 80, Ramos sebagai kapten tim juga mendapatkan kesempatan melakukan tembakan penalti. Sayang, kali ini, paneka-nya ke sudut kanan juga mampu ditangkap Sommer.

Ini kekagalan kedua Ramos dalam 27 kali tendangan penalti terakhir.

Maka, beruntung Spanyol masih bisa diselamatkan Gerard Moreno menit 89 sehingga masih dapat membawa pulang 1 poin dari Basel.

Luis Enrique, pelatih Spanyol, membela Ramos dalam konferensi pers pascapertandingan.

“Jangan kecilkan 25 gol penalti Ramos dengan dua kegagalan ini. Jika ada kesempatan ketiga, ia pasti bisa melakukannya dengan baik,” kata Enrique.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker