KulinerNews

Makanan Tradisional Rengginang Khas Bogor

BOGOR, DIFANEWS.com – Sudah tidak asing lagi makanan rakyat satu ini yaitu Rengginang. Makanan ini adalah jajanan terjangkau oleh semua kalangan. Inilah rengginang merupakan salah satu kuliner tradisional khas daerah yang unik, dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan maupun makanan utama sejak lama, terbuat dari ketan hitam ataupun putih rengginang ini menjadi favorit makanan daerah, khususnya wilayah sunda daerah Jawa Barat.

Kali ini kita akan kenali makanan tradisional rengginang lebih dalam lagi. Di sebuah kampung tidak jauh dari Kota Bogor tepatnya Pasir Gaok Rancabungur ini, produksi makanan tradisional rengginang ini lumayan banyak dan secara turun temurun makanan ini lestari dengan kentalnya adat budaya daerah disana.

Berawal dari kegiatan Ibu – Ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang aktif di Kelurahan Ranca Bungur ini, seorang ibu rumahtangga bernama  Nina Kartina atau akrab dipanggilan Omah Nina menjadi promotor budaya makanan tradisional diwilayah tersebut, dengan sebutan rengginang Khas Bogor, rasa yang khas, gurih dan kriuk menjadi kelebihan sebagai pembuat rengginang ini. Banyak diminati beberapa wilayah sekitarnya rengginang ini laku pesat. Terlebih ketika mendekati hari raya, beberapa pedagang atau reseller lainnya berkunjung untuk memesan rengginang tersebut.

Saat diwawancara Difanews.com, Ibu tiga anak ini mengatakan bahwa. “ Alhamdulillah produksi rengginang dari tahun ke tahun meningkat, dan disini selain harga murah, dijamin kualitas rasa dan bahannya asli tanpa pengawet “. Produksi rengginang ini dibantu oleh 3 karyawannya mengaku kelelahan saat pesanan meledak belakangan ini. Dari mulut ke mulut pemesan atau reseller tahu dengan sendirinya.  Dengan optimis, beberapa karyawan berharap bisnis ini bisa berkembang tidak hanya dengan 3 karyawan, dan mampu bersaing dengan makanan modern yang ada saat ini. Sabtu (1/9/2018).

Rengginang yang dibuat oleh Omah Nina ini memang sangat tergolong masih sederhana, tetapi dalam waktu dekat produk yang dibuat akan dikemas dengan plastik khusus seperti makanan modern lainnya. Berbicara masalah harga ? tentu rengginang ini memiliki harga yang bersahabat dengan kantong kita.

Rengginang yang dibuat dengan proses pengeringan alami (cahaya matahari) membuat maksimal dari kualitas rasa yang akan disajikan nanti. Setelah dikeringkan maka makanan setengah jadi ini tinggal dimasak dengan minyak panas secukupnya. Selain itu untuk menambah aroma rasa, rengginang ini juga dapat ditambahkan bumbu buatan laiinya, agar kriuk dan sambel menyatu dengan renyah dilidah kita. Untuk kalian pembaca difanews.com yang berminat dan penasaran, dapat  langsung datang ke Ibu Nina di Gang Senyum Kampung Pasir Gaok Rancabungur Bogor Barat atau dapat menghubunginya ke nomer 085776652122.  Semoga rengginang khas Bogor ini berkembang dan meningkat pesat terutama menjaga kelestarian Kuliner tradisional di Indonesia ini. Selamat mencoba.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker