Travel

Mau Liburan Sambil Olahraga? Selandia Baru Menyodorkan Tawaran Menarik

Dengan pemandangan yang indah dan lanskap yang beragam, Selandia Baru bisa menjadi destinasi wisata lengkap untuk Anda yang ingin coba berbagai macam olahraga demi jiwa dan raga yang sehat.

JAKARTA – DIFANEWS.com — DI media sosial, semakin banyak figur teladan di bidang kesehatan dan kebugaran yang menginspirasi masyarakat untuk melakukan perubahan positif pada hidup mereka dengan cara berolahraga rutin.

Banyak orang lebih sadar untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Dengan lebih banyak orang yang termotivasi mencapai kondisi fisik dan jiwa yang prima, tidak heran jika wisata olahraga (sports tourism) menjadi salah satu sektor yang paling cepat berkembang di industri pariwisata.

Sebut saja Borobudur Marathon dan Bali International Triathlon, November 2019. Ajang tersebut menjadi wisata olahraga yang sangat ditunggu oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara.

Dengan pemandangan yang indah dan lanskap yang beragam, Selandia Baru pun bisa menjadi destinasi wisata lengkap untuk Anda yang ingin coba berbagai macam olahraga demi jiwa dan raga yang sehat. Tourism New Zealand merekomendasikan tiga destinasi wisata olahraga yang bisa Anda lakukan selama berlibur di Selandia Baru

Panjat Tebing

Salah satu aktivitas paling top di Selandia Baru adalah panjat tebing. Karena alamnya yang indah dengan beragam lanskap dan berbagai tipe perbukitan berbatu, Selandia Baru adalah destinasi yang tepat untuk Anda yang ingin meningkatkan keahlian memanjat tebing atau mencoba suasana pendakian baru.

Jika Anda belum pernah memanjat tebing, jangan khawatir karena Selandia Baru memiliki berbagai medan panjat tebing untuk tingkat keahlian berbeda, mulai dari pemula sampai profesional.

Wanaka

Jika Anda berlibur di Pulau Selatan, cobalah mendaki di Wildwire Wanaka – pendakian air terjun tertinggi di dunia. Wildwire Wanaka menawarkan berbagai macam trek untuk pemula dan profesional. Jangan lupa menjelajahi kolam-kolam tersembunyi dan menikmati pemandangan gunung yang memesona saat Anda memanjat.

Akhiri perjalanan Anda dengan berpiknik di alam terbuka untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

E-Bike

Pengalaman bersepeda lain yang bisa Anda coba adalah menaiki E-bike yang ramah lingkungan. Saat ini banyak perusahaan rental dan tur E-bike yang hadir di kota-kota besar dan tempat wisata di Selandia Baru. Anda bisa memilih untuk bersepeda di medan yang beragam, seperti jalan kota di Wellington atau jalan bebatuan pantai di Kaikoūra yang dikelilingi pemandangan alam yang luar biasa.

Dengan pilihan rute landai di Auckland, jalan gunung di Wanaka, lajur pantai di Kaikoura atau rute desa di Whanganui, Selandia Baru akan memuaskan keinginan Anda untuk berpetualang bebas dengan bersepeda.

Aoraki Mount Cook

Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Aoraki Mount Cook, puncak tertinggi di Selandia Baru. Anda bisa mendapatkan pengalaman maksimal saat memanjat bersama Alpine Guides, melalui pilihan paket yang beragam untuk semua tingkat keahlian. Baik memanjat tebing batu atau tebing es, Anda pasti akan jatuh cinta dengan pengalaman menegangkan ini.

Lari

Memiliki cuaca yang sejuk, udara yang segar, dan pemandangan yang indah, membuat Selandia Baru menjadi tempat yang sempurna untuk olahraga lari. Trek pegunungan yang cantik di Pulau Rangitoto – ikon kota Auckland, memiliki beragam ketinggian untuk Anda yang suka berlari sambil menikmati pemandangan alam.

Untuk trek yang mudah, cobalah Rangitoto Summit Track di Pulau Utara dengan jarak 3km dan ketinggian 245m. Jalur ini berhenti di puncak gunung berapi Rangitoto di mana Anda bisa melihat pemandangan pusat kota Auckland, Pulau Waiheke, dan Selat Hauraki.

Moke Lake Loop Track

Tempat menarik lainnya adalah Moke Lake Loop Track – salah satu trek lari paling popular di Queenstown. Trek ini dikelilingi padang rumput, danau, dan empat gunung yaitu Mount Crichton (6,135 kaki) dan Mount Hanley (5,348 kaki) di barat, Ben More Peak (6,043 kaki) di utara, dan Ben Lomond Peak (5,735 kaki) di timur.

Jalur ini terpilih menjadi bagian Queenstown Marathon, festival lari internasional yang diadakan di area Danau Wakatipu dan kota Queenstown setiap bulan November.

Bersepeda

Jika Anda lebih suka bersepeda, Selandia Baru juga memiliki banyak jalur sepeda mulai dari hutan hujan dan pantai berpasir. Anda bisa mencoba bersepeda di Timber Trail yang berada di Hamilton dan Waikato. Di sana Anda bisa melihat hutan tua Pureora Forest dan merasakan budaya Māori saat mengayuh sepeda di area itu.

Danau Pukaki

Tidak jauh dari Hamilton dan Waikato terdapat ‘surga sepeda di Selandia Baru’ di Rotorua. Rotorua disebut sebagai pusatnya pencinta sepeda karena memiliki berbagai macam rute bersepeda. Mulai dari rute pegunungan dengan daerah menanjak, sampai rute perhutanan  dan rute menarik lainnya di sekitar Danau Rotorua yang terkenal.

Rute paling populer di daerah ini adalah Te Ara Ahi, di mana Anda bisa mengayuh sepeda ke Whakarewarewa Thermal Reserve dan kemudian berendam air hangat di Te Ranga Thermal River. Kunjungi Rotorua Bike Festival yang diadakan tiap Oktober untuk mencoba berbagai macam pengalaman menarik seperti makanan lokal Selandia Baru, seni dan budaya Māori, serta beragam aktivitas untuk anak-anak.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker