Travel

Mau Piknik Gratis di Bogor? Ini 5 Rekomendasinya

Banyak hal menarik yang dapat dijumpai saat menjalajah Kota Bogor di Jawa Barat. Selain terkenal dengan Kebun Rayanya, kota Bogor juga memiliki spot-spot liburan yang bisa dimasuki tanpa biaya.

BOGOR, DIFANEWS.com – Di éra pandemi Covid-19, keinginan untuk liburan bagi sebagian orang kadang tak bisa dibendung. Tapi, untuk warga Jabodetabek, bisa tetap berlibur asal tak terlalu jauh. Dan, Kota Bogor menawarkan sedikitnya lima tempat wisata gratis.

Patung Buddha Tidur

Banyak hal menarik yang dapat dijumpai saat menjalajah Kota Bogor di Jawa Barat. Selain terkenal dengan Kebun Rayanya, kota Bogor juga memiliki patung Buddha tidur raksasa yang tak kalah dengan yang dimiliki negara Thailand. Patung Buddha tersebut terbaring nyaman di Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Hutan CIFOR

Di Bogor juga ada spot yang diganderungi para fotografer untuk mengejar RoL alias (Ray of Light). Semburat cahaya matahari yang membentuk garis sinar. Namanya Hutan CIFOR.

Lokasinya di kawasan Dermaga, Kabupaten Bogor, tidak jauh dari Terminal Bubulak. Spot ini sebenarnya berupa areal hutan penelitian seluas kurang lebih 60 hektare milik Departemen Kehutanan. Namun karena tidak jauh dari lokasi terdapat kantor Lembaga Swadaya yang bergerak di bidang kehutanan kerap di sebut hutan CIFOR (Centre for International Forestry).

Taman Bermain Lapangan Sempur

Kawasan Sempur dulu dikenal sebagai gelanggang olahraganya orang Bogor. Namun sekarang, kawasan ini sudah jadi satu kawasan olahraga yang bersanding dengan rekreasi, juga kuliner.

Di kawasan ini ada Taman Ekspresi, dengan kegiatan rutin mengadakan pemutaran film-film karya sineas Indonesia. Ada juga tempat untuk bermain anak, panjat dinding, sampai skatepark buat main skateboard.

Istana Bogor

Istana Bogor rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor, yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Jika sedang dibuka, traveler bisa masuk dan berkeliling serta melihat betapa megahnya bangunan bersejarah ini.

Jika diperbolehkan masuk ke dalam kawasan istana, setiap akhir pekan, wisatawan bisa memberi makan rusa-rusa yang ada di istana ini, dari luar pagar. Kalau cuma berkeliling seputar area istana, tentu traveler tidak akan dipungut biaya.

Kampung Budaya Sindangbarang

Mau tahu tentang budaya Sunda? datanglah ke Kampung Budaya Sindangbarang di Desa Pasir Eurih, Tamansari, Bogor.

Secara jarak, Kampung Budaya Sindangbarang terletak tidak jauh dari pusat Kota Bogor, sekitar 5 km. Konon, inilah kampung tertua di Bogor.

Sindangbarang sejatinya adalah sebuah Kerajaan Sunda di abad ke-12. Di sana Anda akan melihat berbagai pertunjukan bernuansa Sunda seperti tarian dan pertunjukan musik.

Ada rumah tradisional Sunda Bogor yang terbuat dari kayu, beserta saung yang berfungsi sebagai lumbung padi, pertunjukan Tari Jaipong dan debus. Tiket masuknya gratis, kalau mau menginap baru dikenakan tarif tambahan. Kalau mau melihat berbagai pertunjukan biasanya berlangsung di akhir pekan.

Sumber

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker