Idola

Membanggakan, Anak Tukang Cukur Ini Jadi Lulusan Terbaik IPB

Yogi adalah mahasiswa jurusan Agronomi dan Holtikultura yang memulai kuliahnya pada tahun 2014.

BOGOR , DIFANEWS.com – Selalu ada jalan jika kita mau berusaha dan berdoa.

Penggalan kalimat tersebut pas untuk menggambarkan kisah Yogi Budi Utami, mahasiswa lulusan terbaik Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Yogi adalah mahasiswa jurusan Agronomi dan Holtikultura yang memulai kuliahnya pada 2014. Dia baru saja menamatkan studinya di IPB dan diwisuda, Rabu (16/1) lalu, mendapatkan predikat pujian dengan raihan IPK 3,86.

Dara asal Banjarnegara tersebut lahir dari keluarga yang sederhana. Ayahnya berprofesi sebagai tukang cukur rambut dengan pendapatan yang tak menentu dan sang ibu hanya sebagai ibu rumah tangga.

Paham dengan kondisi keluarganya dan biaya kuliah yang tidak murah tak membuat Yogi patah semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dia mempunyai tekad yang kuat dan yakin jalan akan selalu ada.

Berbagai usaha dilakukan Yogi agar bisa kuliah di IPB di antaranya adalah mencari peluang tentang beasiswa yang mungkin bisa dia dapatkan.

Upaya tersebut berhasil. Yogi mendapatkan beasiswa dan diterima di IPB berkat prestasinya di SMA.

“Sebenernya semua itu memang lebih ke niat dan tekad, kebanyakan orang punya kemauan untuk kuliah tapi mungkin dari segi finansial merasa gak bisa. Menurut saya kalau dia ga ada niat dari awal pasti susah, padahal sebenernya dari kitanya gimana niat dan usahanya,” ujar Yogi saat ditemui di Kampus IPB Dramaga Bogor.

Pada awal memutuskan untuk kuliah di IPB keinginan Yogi kurang mendapat respons baik dari orangtua. Sebab, selain pendapatan tak menentu, mereka juga khawatir anak perempuannya merantau jauh sendirian ke Bogor.

Namun karena tekad kuat yang dia miliki Yogi berhasil meyakinkan orangtuanya. “Respons orangtua awalnya tidak terlalu bagus juga ya, terus saya yakinin aja, saya tunjukkin saya punya tekad dan asalkan saya tanggung jawab dengan orangtua mereka pun akhirnya mendukung,” kata Yogi.

Kini, satu langkah penting sudah ia lewati. Berikutnya, Yogi pun bertekad melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri .

Buat Yogi, tak ada yang tidak mungkin.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker