BisnisNews

National Day Indonesia di Dubai Expo 2020 Hadirkan Penyanyi Lyodra Ginting

DUBAI, difanews.com — Indonesia memamerkan citra bangsa sebagai negara yang menjanjikan dan kaya akan sumber daya manusia berdaya saing tinggi melalui rangkaian acara National Day di Expo 2020 Dubai, di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (4/11).

Melalui pagelaran seni dan budaya, National Day Indonesia akan memikat lebih banyak pengunjung untuk mengenal lebih dekat keunggulan yang ditawarkan Indonesia kepada dunia. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir untuk memberi sambutan danmenyaksikan langsung pertunjukan ini.

Kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kepada dunia. Indonesia akan tampil sebagai negara penuh pesona alam dengan sumber daya manusia berkualitas.

Indonesia juga berpeluang menjadi salah satu dari 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia dengan bonus demografi di tahun 2045.

“Khususnya dengan potensi yang dimiliki Indonesia seiring dengan persiapan menuju Bonus Demografi di tahun 2045, Indonesia berpeluang menjadi salah satu dari 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Dubai, UEA, Rabu (03/11).

“Peluang ini dibangun dari generasi-generasi muda yang bersiap menjadi sumber daya unggul,.”

Acara National Day sendiri merupakan bagian rangkaian kegiatan Expo yang diikuti 192 negara peserta untuk memamerkan budaya khasnya masing-masing. National Day mengangkat tema ‘Land of Diversity’. Ini untuk menunjukkan Indonesia sebagai bangsa yang beragam.

Keragaman tersebut dapat dilihat dari segi warisan leluhur yang terdiri dari suku, budaya, dan bahasa yang ditunjukkan melalui pertunjukan yang memadukan tarian tradisional dan modern, serta pertunjukkan grafis.

Keberagaman tersebut juga dituangkan dalam berbagai potensi yang dimiliki Indonesia di berbagai sektor, seperti perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Penyanyi Lyodra Ginting.

Tema besar ‘Land of Diversity’ diturunkan ke dalam tiga elemen, yaitu ‘Land of Majesty’, ‘Land of Opportunity’, dan ‘Land of Innovation’.

Land of Majesty menggambarkan kekayaan budaya Indonesia yang akan selalu menjadi kebanggaan negeri.

Land of Opportunity menggambarkan potensi besar Indonesia untuk terus terbuka terhadap berbagai peluang dan memaksimalkannya demi kemajuan bangsa.

Land of Innovation menggambarkan kesiapan negara untuk bertransformasi menuju Indonesia Emas 2045 yang akan menjadi tonggak perekonomian bangsa berkat adanya bonus demografi, yaitu saat mayoritas populasi berada di usia produktif.

Agar pesan di atas dapat tersampaikan dengan baik dan utuh kepada negara-negara dunia lainnya, pementasan seni dan budaya dari Indonesia di National Day akan melibatkan sekitar seratus penari terbaik bangsa untuk menampilkan ragam tari tradisional hingga permainan alat musik daerah.

Selain itu, pertunjukan ini juga akan melibatkan Lyodra Ginting, penyanyi muda kebanggaan Indonesia yang telah memenangkan berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional, yang menyanyikan lagu ‘Indonesia Pusaka’.

Tak ketinggalan, Indonesia juga menghadirkan ikon yang mengenakan kostum serba emas sebagai representasi dari Indonesia Emas 2045.

“Budaya Indonesia telah mendapat perhatian dan pujian dunia dari waktu ke waktu. Maka itu, kami melibatkan talenta-talenta terbaik bangsa untuk menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu pagelaran seni budaya Indonesia termegah dan paling berkesan di Timur Tengah,” beber Mendag Lutfi.

“Selain itu, pelibatan talenta terbaik juga menjadi representasi dari keunggulan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing tinggi dan mampu berkompetisi di tingkat global. Bukan tidak mungkin ini juga menjadi ajang bagi mereka untuk menunjukkan bakatnya di ajang berskala global ini.”

Mendag Lutfi menambahkan, Indonesia National Day menjadi semakin spesial karena akan diselenggarakan di Al Wasl Plaza yang merupakan lokasi paling strategis di Expo 2020.

Al Wasl Plaza menjadi pusat kegiatan dari National Day secara keseluruhan, sehingga pertunjukkan Indonesia akan menyita perhatian banyak mata.

Pementasan kultural Indonesia di National Day diharapkan dapat menarik sekitar 2.000 pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

Kesempatan ini pun tak terlepas dari hubungan erat Indonesia dan Uni Emirat Arab yang sudah terjalin sejak lama dan kian diperkuat dengan peluncuran Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CEPA).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker