Kesehatan

Pemerintah Arab Saudi Nyatakan Kantor Kesehatan Haji Indonesia Siap Beri Pelayanan Optimal

MAKKAH, difanews.com — Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Kesehatan Arab Saudi Provinsi Makkah menyatakan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dan pos kesehatan sektor Makkah siap berikan pelayanan kesehatan selama musim operasional haji 1443 H.

Hal ini dibuktikan dengan terbitnya surat izin (tasrih) klinik untuk KKHI dan lima pos kesehatan sektor Makkah.

”Alhamdulillah Tasrih sudah kami terima, dan dinyatakan bahwa KKHI dan pos kesehatan sektor layak memberikan pelayanan kesehatan,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah, dr. Muhammad Imran, Jumat (2/7).

Untuk memperoleh tasrih klinik, ada tiga tahapan yang harus dilalui. Tahapan pertama, KKHI harus mendapatkan tasrih iskan, yaitu penerbitan izin gedung yang dikeluarkan oleh kantor baladiah (walikota) provinsi Makkah.

Proses selanjutnya adalah terpenuhinya dokumen yang berisi informasi ketersediaan layanan kesehatan termasuk detail Sumber Daya Manusia beserta dengan tugas fungsinya, rincian jenis dan kuantitas obat-obatan dan alat kesehatan yang dibawa, serta ruang dan jenis pelayanan, mulai dari IGD, ruang rawat, dan sebagainya.

Tahapan ketiga adalah pengelolaan limbah medis yang bekerjasama dengan perusahaan yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Sambil dilakukannya proses pengurusan tasrih klinik, proses pelayanan kesehatan di KKHI dan pos kesehatan terus berjalan, tidak mengganggu pelayanan yang sedang berjalan.

Dalam proses penerbitan tasrih, dilakukan setidaknya 2 kali survey dan proses penilaian oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi ke KKHI dan satu kali ke pos-pos kesehatan kektor Makkah.

”Alhamdulillah tasrih klinik juga sudah kita terima, dan berlaku selama masa operasional haji tahun ini.” ucap dr. Imran.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button