Sepakbola Dunia

Presiden FIFA: Piala Dunia Wanita di Korsel-Korut Memungkinkan

Sejumlah negara tertarik menggelar Piala Dunia Wanita 2023, termasuk gabungan Korsel & Korut.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Lampu hijau sepertinya dinyalakan Presiden FIFA Gianni Infantino terkait lamaran duo Korea, Selatan dan Utara, menggelar Piala Dunia secara bersama-sama.

“Saya sudah dengar untuk Piala Dunia Wanita 2023, dua Korea,” kata Infantino. “Saya sudah mendengarnya. Itu hebat.”

Sebelumnya, Korsel-Korut juga sudah melayangkan proposal lamaran untuk menggelar Olimpiade bersama-sama. Presiden Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in sepakat bergandeng tangan menggelar Olimpiade 2032.

Belum ada komentar dari ofisial asosiasi sepakbola Korsel dan Korut. Keduanya belum membalas email yang dikirimkan kantor berita AP, menyangkut komentar Infantino menyusul pertemuan dengan badan pembuat undang-undang FIFA di Skotlandia.

Perang di semenanjung Korea sebenarnya belum benar-benar berakhir karena konflik 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan kesepakatan damai. Kini, olahraga dijadikan alat diplomasi melalui kegiatan gabungan. Partisipasi atlet Korut di Olimpiade musim dingin di Korsel serta tampilnya tim hoki wanita gabungan makin menegaskan perdamaian lebih dimungkinkan melalui bahasa olahraga.

Piala Dunia Wanita 2023 sendiri sudah dibanjiri banyak pelamar. Selain Korsel-Korut, sejumlah negara lain juga sudah menyampaikan proposalnya. Ada Australia, Kolombia, Jepang, dan Afrika Selatan.

FIFA sendiri meminta negara peserta lelang memastikan keinginannya pada 15 Maret sementar registrasi resmi pada 16 April hingga 4 Oktober 2019. Pemungutan suara akan digelar FIFA pada Maret 2020.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker