Sports

Rekornya Disalip Petinju Thailand Menayothin, Mayweather Jr Nyolot

JAKARTA, DIFANEWS.com — Floyd Mayweather Jr mengantongi rekor 50-0 atau 50 duél tak terkalahkan dan menyebut dirinya TBE alias The Best Ever.

Tapi, belakangan, ia nampaknya kesal karena rekor itu dikalahkan Wanheng Menayothin, petinju Thailand di kelas jerami yang mengantongi rekor 54-0 dan sedikit lagi mencapai 55-0.

Betapapun, orang kini melihat, membandingkan. Mayweather Jr dianggap bukan TBE sejati. Ada The New TBE.

Betul, Menayothin bermain di kelas paling bawah, kelas jerami atau disebut juga layang mini dengan bobot maksimal 47,6kg. Sementara Mayweather terakhir juara di kelas welter atau 66,7kg.

Menayothin kini menyandang gelar kelas jerami WBC.

Mayweather sendiri sudah pensiun dengan rekor 50-0 dan tumpukan uang di bank. Di usia 43 ia hampir tak mungkin mengejar rekor Menayothin yang baru berusia 34.

Awalnya, Mayweather sangat bangga dengan rekornya pada 2017 ketika ia melewati capaian Rocky Marciano dengan 49-0.

Marciano mundur pada 1955 dan butuh 62 tahun sampai kemudian Mayweather melewatinya setelah menang TKO ronde 10 atas Conor McGregor yang sejatinya petarung bela diri bebas atau MMA yang bermain di UFC.

Tapi, setelah Mayweather melewati rekor Marciano, Agustus 2017, Menayothin mencetak rekor 51-0 pada Agustus 2018. Tak perlu waktu puluhan tahun.

Menayothin (54-0-0, 18 KO), kemungkinan akan bertarung untuk mempertahankan gelar kali ke-13 melawan rekan senegaranya asal Thailand, Panya Pradabsri (34-1-0, 22 KO) di Thailand, 27 November.

Menayothin terakhir bertarung Oktober 2019 ketika ia mempertahankan gelar melawan petinju Afrika Selatan Simpiwe Konkco dengan kemenangan angka  di Chonburi, Thailand.

Wanheng merebut gelar WBC sejak November 2014.

“Rekor saya 50-0 karena satu alasan,” kata Mayweather dalam wawancara dengan Club Shay Shay beberapa waktu lalu.

“Kini mereka punya petinju Asia yang bisa mencapai 54-0 dan mereka bilang, ‘inilah The New TBE’. Anda mau bandingkan saya dengan petinju yang hanya punya satu sabuk gelar?”

Mayweather adalah juara kelas ringan super WBC, kelas welter IBF dan IBO, lalu welter WBC, dilanjutkan menengah ringan WBA, welter WBA super, welter WBO. Intinya, Mayweather adalah multiple champion.

 “Ini yang membuat kalian menyebut ia TBE? Oke, kalian masuk jajaran para pelawak.”

Setidaknya, kini, Mayweather TBE di kelasnya, dan Menayothin TBE di kelasnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker