Kuliner

Sekoteng Boper, Sekoteng Dingin Khas Kota Bogor

JAKARTA, DIFANEWS.com — Kuliner modern boleh makin menjamur di Indonesia, tapi kuliner tradisional tak lantas luntur atau tergusur. Salah satunya adalah minuman tradisional sekoteng khas masyarakat Bogor yang biasanya dikonsumsi dalam kondisi hangat di malam hari.

Ya, jika dulu biasa disantap saat masih ngebul, kini juga ada sekoteng dilengkapi es dan menyantapnya tak kalah mumbul. Namanya jadi es sekoteng.

Nah, es sekoteng satu ini dijual terpisah jauh dari sentra kuliner di Jalan Surya Kencana (Surken), Bogor Tengah. Tepatnya, es sekoteng ini ada di depan Mall Bogor Junction, kawasan Bogor Permai atau Boper, Jl Sawojajar, sekitar 500m dari gerbang Istana Bogor.

‘Es sekoteng Boper’, begitu sebutan orang-orang untuk minuman berisi buah alpukat, kelapa kopyor dan juga pacar cina ditambah dengan es ini.

Disajikan dingin, ternyata sekoteng mempunyai rasa tersendiri di lidah. Berbeda dengan nama aslinya, es sekoteng di Bogor ini tidak berasa jahe, tapi berasa susu dicampur dengan paduan kelapa kopyor yang legit dan lembut terasa menantang di lidah.

Tidak hanya itu, buah alpukat kian memberi warna rasa es tersebut. Rasa dingin di lidah saat menyantapnya, membuat es sekoteng Boper ini memiliki ciri khas tersendiri.

Dalam sehari bisa terjual 100 porsi.

Kios Es Sekoteng Boper ini tidak hanya menyajikan jajanan minuman. Siomay Bandung, sate Madura, soto mi Bogor, dan nasi timbel juga disediakan di sini.

Banyaknya pilihhan kuliner lain inilah yang membuat orang dari berbagai lokasi selalu datang ke kios ini.

Karena harganya yang murah, untuk mengunjungi tempat ini sepertinya pengunjung juga harus datang tepat waktu. Pasalnya, kalau sampai telat pengunjung bakal gigit jari karena kehabisan menu.

Ronny, 39, salah satu pengelola dari Es Sekoteng Boper ini mengatakan, dalam satu hari tempat ini bisa menjual hingga ratusan porsi.

“Apalagi kalau akhir pekan. Harga satu porsi Es Sekoteng Boper ini juga cukup murah, hanya 10 ribu rupiah,” kata Ronny.

Somay yang dibanderol dengan harga Rp17 ribu per porsinya juga laku keras setiap harinya.

Tempat ini bukan hanya sering dikunjungi wisatawan, namun para selebritis ibu kota yang melancong ke Bogor juga sering berwisata kuliner ke tempat ini.

”Pembeli selain dari Kota Bogor, ada juga dari Jakarta, Tangerang, Bekasi. Kadang juga ada artis yang datang kesini,” katanya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker