Idola

Siswi SMAN 14 Jakarta Ini Rebut Medali Emas Festival Poster di Jepang

JAKARTA, DIFANEWS.COM — Naisyilla Nurina Rahmawati, siswi SMAN 14 Jakarta, berhasil meraih medali emas di bidang poster di ajang International High Schools Arts Festival (IHSAF) 2021 yang diikuti 500 karya dari 14 negara.

IHSAF ke-22 ini diselenggarakan secara virtual oleh International Foundation for Arts and Culture (IFAC), 4-15 Agustus 2021 di Tokyo.

“Kita harus tetap semangat dalam berprestasi. Prestasi tidak sebatas hanya mengejar juara dan piala, tetapi bermanfaat bagi sesama juga merupakan prestasi,” pesan Naisyilla dalam pidato saat penyerahan medali.

Naisyilla sendiri merupakan perwakilan Indonesia yang dipilih dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA bidang desain poster pada 2020.

Sebelumnya, Naisyilla berpartisipasi dalam FLS2N sebanyak 2 kali yaitu di tingkat Kota Jakarta Timur saat Naisyilla duduk di bangku kelas 7 dan tingkat Provinsi DKI Jakarta pada 2018 meraih posisi runner-up saat ia duduk di bangku kelas 8.

Naisyilla berhasil mendaftar SMA melalui jalur prestasi non-akademik dengan sertifikat lomba FLS2N saat SMP, sehingga ia kembali terpilih sebagai perwakilan sekolahnya pada FLS2N jenjang SMA dan berhasil meraih medali emas pada tingkat nasional.

Para peraih medali bidang desain poster diseleksi kembali dan dipersiapkan untuk berpartisipasi pada International High Schools Arts Festival (IHSAF) di Jepang secara daring.

Naisyilla berharap agar ke depannya pemerintah mulai menyediakan lebih banyak wadah dan juga dukungan kepada peserta didik yang memiliki bakat di bidang seni khususnya di bidang poster.

“Agar para peserta didik semakin mendapat banyak kesempatan untuk mengasah dan menuangkan kemampuannya,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Naiysilla juga berharap agar diberikan kesempatan mendapat beasiswa prestasi ke Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Asep Sukmayadi memberikan ucapan apresiasi terhadap pemenang yang telah berhasil meraih medali di ajang IHSAF ini.

“Kami sangat mengapresiasi para peserta didik yang telah berhasil membawa Indonesia ke tingkat kejuaraan Internasional salah satunya International High Schools Arts Festival (IHSAF),” ungkap Asep Sukmayadi.

“Tentu dengan minat dan bakat seni yang berkembang dalam dirinya akan terus menghasilkan karya secara berkelanjutan agar mendorong tumbuhnya talenta yang cemerlang bagi Indonesia,” harapnya, dilansir kompas.com.

Sebelumnya IHSAF tahun 2020 dilaksanakan di Tokyo, Jepang dari 5 – 16 Agustus 2020 yang diikuti oleh 18 negara untuk kategori poster dan lukisan. Selain kategori tersebut, terdapat kategori seni dan budaya Jepang.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker