News

Status Darurat Kekeringan, 24 Daerah di Jawa Timur

Tak hanya Jawa Timur, Pandeglang Banten pun akan berstatus darurat kekeringan.

BOGOR, DIFANEWS.com — Beberapa daerah di Jawa Timur memberlakukan status darurat kekeringan, tepatnya 24 daerah yang mengalami kekeringan yang sangat parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Suban Wahyudiono mengatakan, pihaknya telah mematakan daerah yang mengalami kekeringan pada musim kemarau 2019. Dari total kabupaten/kota di Jatim, sebanyak 24 dari 28 daerah terdampak kekeringan mengalami kekeringan kritis.

Di antaranya, seluruh kabupaten di Madura, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Kemudian kawasan Tapal Kuda meliputi Kabupaten Lumajang Sitobondo, Pasuruan, Bondowoso, Banyuwangi dan Probolinggo.

Daerah lainnya, yakni Kabupten Jember dan Pasuruan, Jombang, Nganjuk, Pacitan, Ponorogo, Ngawi dan Madiun. Selanjutnya Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Blitar, Tulungagung dan Trenggalek.

“Dianggap mengalami kering kritis karena suplai air kurang dari 10 liter perorang perhari dan jarak airnya lebih dari tiga kilometer. Itu terjadi di 566 desa di 180 kecamatan tersebar di 24 daerah di jatim,” kata Subhan.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker