Kuliner

Sukabumi Gencarkan Promowisata Kuliner Tempo Dulu

Jakarta, difanews.com — Kota Sukabumi, Jawa Barat, mulai menggencarkan promosi wisata heritage dan kuliner tempo dulu yang bertahan hingga sekarang. Keberadaanya bisa menarik kunjungan wisatawan dari luar kota bahkan luar negeri ke Kota Sukabumi.

Upaya mengangkat potensi wisata heritage dan kuliner tempo dulu tersebut antara lain dilakukan Yayasan Dapuran Kipahere. Mereka secara rutin mengagas acara walking tour ke sejumlah lokasi wisata heritage bersejarah di Kota Sukabumi dan kuliner khas Sukabumi.

Walking tour ini untuk mengangkat wisata Kota Sukabumi dari segi kuliner dan destinasi wisata sejarah seperti bangunan heritage,” ujar Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah, kepada wartawan, Minggu (14/3), dilansir Republika.co.id.

Hari ini, ia mengajak wisatawan dalam jumlah terbatas karena pandemi Covid-19 ke daerah pecinan atau chinatown di Kota Sukabumi yang berada di Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong. Di kawasan pecinan Kota Sukabumi ada lokasi bangunan Widhi Sakti di Jalan Pajagalan yang menjadi saksi sejarah perkembangan Kota Sukabumi. Bangunan tersebut dibangun pada 1911 dan diresmikan pada 1912.

Selain itu, ada kuliner legendaris yaitu Mie Cekaw di Odeon yang berdiri sejak 1940. Pabrik mi ini hingga kini masih memasok mie ke sejumlah warung makan khususnya mie di Kota Sukabumi.

Kuliner legendaris lainnya di kawasan pecinan adalah Roti Priangan Oey Tjiang Lie yang awal berproduksi pada 1943. Pabrik roti ini berada di Jalan Parigi Kelurahan Nyomplong, Warudoyong tidak jauh dari Vihara Widhi Sakti.

Menurut Irman, walking tour ini rutin digelar namun karena kendala pandemi Covid-19 sempat berhenti dan sekarang mencoba bangkit dengan pola baru penerapan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Yayasan Dapuran Kipahare menawarkan paket wisata seperti wisata museum, wisata perkebunan, wisata pemeritahan tempo dulu, dan wisata kostum tempo dulu untuk foto dan video. Di mana animo warga baik lokal maupun luar daerah cukup besar untuk mengikutinya.

“Potensi wisata heritage belum ada yang fokus karena rata-rata tur umum ke luar daerah seperti Yogyakarta dan luar negeri seperti umroh dan jarang di Sukabumi,” ujar Irman. Oleh karena itu, yayasannya menjadi pionir dan contoh menarik pengunjung dari luar ke Sukabumi.

Irman mengatakan, potensi wisata bangunan sejarah atau heritage di Kota Sukabumi cukup banyak. Dari hasil inventaris lembaganya ada sebanyak 60 tempat atau titik yang potensial dapat dijual dan tinggal diklasifikasikan yang diangkat dan dipromosikan ke wisatawan.

Untuk memudahkan kunjungan, pihaknya menerapkan sistem keterhubungan yang dekat. Misalnya kunjungan dengan berjalan kaki atau walking tour di kawasan pecinan.

Di sisi lain, keberadaan kuliner legendaris Roti Priangan Oey Tjiang Lie memang cukup menarik untuk dikunjungi karena mampu bertahan dari awal produksinya pada 1943 hingga sekarang dan hanya ada di Kota Sukabumi.

Produksi Roti Priangan d.h Oey Tjiang Lie masih tetap menggunakan mesin dan oven tradisional dan bahan bakunya pun tidak mengandung bahan pengawet dan halal. “Kakek belajar dari orang Belanda rotinya beda dengan zaman sekarang,” ujar Haris, yang merupakan generasi ketiga di pabrik roti tersebut.

Pemasaran roti ini hanya di Sukabumi dan bertahan hingga sekarang. Meskipun pada masa pandemi, omzet penjualan berkurang, namun produksi rotinya terus berjalan dan hanya tutup pada Jumat.

Salah seorang peserta walking tour kawasan pecinan Sukabumi, Dila Novianti (25 tahun) mengatakan, keberadaan wisata di kawasan pecinan ini sangat menarik untuk dikunjungi. “Sangat menarik karena di Sukabumi banyak yang belum banyak dikenal warga khususnya wisata sejarah dan kuliner tempo dulu,” ujarnya.

Jakarta, difanews.com — Pele mengucapkan selamat kepada Cristiano Ronaldo yang sukses memecahkan rekornya dalam pertandingan resmi, Minggu (14/3).

Ronaldo, bintang asal Portugis, mencetak hatrick ketika Juventus menang 3-1 atas Cagliari di Serie A untuk mencapai total 770 gol.

Di akun Instagramnya, Ronaldo, 36 tahun, membagikan kebanggaannya kepada 270 juta follower-nya bahwa ia kini memegang rekor terbanyak, setelah menyamakan rekor Pele dengan 767 gol pada 2 Maret.

“Saya disesaki rasa gembira dan bangga karena kini saya berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak,  sesuatu yang tidak pernah saya impikan saat tumbuh sebagai bocah dari Madeira,” tulis Ronaldo.

Pele, bintang legendaris Brasil yang kini berusia 80, mengungkapkan kegembiraannya melalui akun Instagramnya dengan 5,8 juta follower. “Selamat sudah melampaui rekor gol saya di pertandingan resmi,” tulis Pele.

“Saya sangat mengagumi Anda, saya senang melihat Anda bermain, dan itu bukan rahasia,” tambah Pele.

“Sayangnya saya tak bisa memberi Anda sebuah pelukan pada hari ini.”

“Kehidupan Cristiano adalah penerbangan solo. Semua orang melakukan perjalanannya sendiri. Dan betapa indahnya perjalanan yang Anda alami!”

Pele, satu-satunya pemain yang pernah merebut tiga trofi Piala Dunia, total mencetak 1.283 gol –termasuk pertandingan tak resmi. Dalam pertandingan resmi totalnya 767 gol.

Ronaldo total mengemas 770 gol di pertandingan resmi, termasuk 668 di klub –5 bersama Sporting Lisbon, 118 di Manchester United, 450 ketika membela Real Madrid, dan 95 di Juventus. Untuk tim nasional Portugal, Ronaldo mencetak 120 gol.

“Kini saya tak sabar menantikan pertandingan dan tantangan berikutnya. Rekor berikutnya dan trofi. Percayalah, cerita ini masih jauh dari kata akhir. Masa depan adalah besok, masih banyak yang harus saya menangkan untuk Juventus dan Portugal,” tegas Ronaldo.

Sejumlah media, meletakkan nama Josef Bican dengan 805 gol, atau di atas Ronaldo dan Pele. Romario disebut-sebut mencetak 1.000 gol meskipun ada juga yang menyebut 772 gol.

Tapi, tidak dijelaskan apakah semuanya dalam pertandingan resmi atau tidak.

Rincian 770 gol Ronaldo    
Sporting Lisbon 5  
Manchester United 118  
Real Madrid 450  
Juventus 95  
Timnas Portugal 120  

Ronaldo total mengemas 770 gol di pertandingan resmi, termasuk 668 di klub –5 bersama Sporting Lisbon, 118 di Manchester United, 450 ketika membela Real Madrid, dan 95 di Juventus. Untuk tim nasional Portugal, Ronaldo mencetak 120 gol.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker