Otomotif

Tiguan R dari VW, Gabungkan Performa Dinamis Mobil Sport dan Variabilitas SUV

Jakarta, difanews.com — Volkswagen meluncurkan Tiguan R yang pertama. SUV mid-size yang populer di Wolfsburg ini mendapatkan varian R performa tinggi untuk kali pertama.

Banyak anggapan bahwa mobil ini sebagai versi SUV dari Golf R. Kenapa? Mungkin karena Tiguan R ini menggabungkan performa dinamis mobil sport dengan variabilitas sebuah SUV.

Bagian eksterior yang membedakan dengan varian model R di antaranya bumper desain R dengan elemen aerodinamis dalam warna high-gloss black atau sewarna bodi, wing mirror caps warna matte chrome, diffuser belakang yang unik dalam warna hitam gloss, black wheel housing extensions, dan paduan velg Misano 20 inci.

Pada daftar opsi tersedia pula sistem knalpot titanium dari Akrapovic dan paduan velg Estoril 21 inci. Jika pecinta warna hitam, bisa pilih paket Black Style Design yang memberi lebih banyak trim hitam di eksteriornya.

Urusan dapur pacu, di bawah kap mesinnya terdapat generasi terbaru mesin EA888 2.0 liter turbo-empat silinder.

Seperti yang ada pada Mk8 Golf R terbaru yang diluncurkan awal bulan ini, unit TSI ‘evo4’ menghasilkan tenaga 315 hp dan torsi 420 Nm, yang tersedia dari 2.100 rpm hingga 5.350 rpm.

Dipasangkan dengan gearbox DSG tujuh percepatan DQ500 dan penggerak AWD, akselerasi 0-100 km/jam bisa tuntas dalam waktu 4,9 detik, hanya dua persepuluh lebih lambat dari Golf R.

Di sini, VW menerapkan rear final drive dengan dua kopling multi-plate untuk kali pertama. Sistem ini tidak hanya mendistribusikan tenaga penggerak antara as roda depan dan belakang, tetapi juga membaginya antara roda belakang kiri dan kanan.

Karena itu, VW mengklaim kemampuan pengendaliannya di tikungan jadi meningkat. VW juga menyebut Tiguan R ini sebagai tolak ukur baru untuk dinamika berkendara SUV.

Di bagian sasis, Tiguan R hadir dengan rem kaliper biru 18 inci yang ditingkatkan (unit depan memiliki logo R), redaman adaptif DCC, dan penurunan ground clearance sebesar 10 mm.

Pemilihan driving profile mendapat tambahan mode R, yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol R biru pada setir (unit new sports dengan big paddles). Juga standar ESC yang dapat dimatikan serta sistem quad sport exhaust.

Masuk ke interior, ada jok sport dengan sandaran kepala terintegrasi dan logo R (unik untuk Tiguan R), digital cockpit yang bisa disesuaikan dengan lap timer terintegrasi.

Tersedia pula trim dekoratif khusus R dalam carbon grey, diterangi oleh background lighting. Kemudian ada logo R di aluminium front sill strips yang bisa menyala. Dan terakhir, ada pedal yang sudah stainless.

Sumber

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker