Kesehatan

Anda Punya Darah Tinggi? Hindari Ini

Penyakit darah tinggi bisa menempatkan penderitanya terkena serangan jantung atau stroke.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Tekanan darah tinggi bisa dikatakan penyakit mengerikan karena beberapa gejala namun menempatkan penderitanya pada risiko serangan jantung atau stroke. Di Amerika Serikat, 75 juta orang didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi, banyak lagi yang lainnya yang memiliki hipertensi namun tak menyadarinya.

Meski begitu, tekanan darah tinggi sebenarnya bisa dikurangi dengan diet dan perubahan gaya hidup. Jadi tak perlu terlalu khawatir juga jika Anda didiagnosis punya penyakit ini. Apalagi sifatnya baru dugaan.

Ikuti tips berikut jika Anda ingin hidup lebih panjang, atau lebih sehat dan tak dihantui dengan penyakit darah tinggi.

Hindari Gula dan Garam

Menyantap masakan tanpa garam pasti tak sedap, bukan? Minum-minuman tanpa gula juga bukan pilihan banyak orang meski sejumlah lainnya senang minum kopi pahit, misalnya.

Yang disarankan adalah kurangi garam dan gula. Sebab, jika Anda saat ini main hantam garam dan gula tanpa ukuran, dikhawatirkan Anda justru akan memakan hidangan hambar di sisa usia Anda.

Orang sehat, umumnya, tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.300 miligram sodium per hari. Nah, ketika bicara soal gula, perhatian utamanya adalah menambah-nambahkan gula. Tubuh memang butuh asupan gula, tapi sebaiknya dari sumber-sumber lain seperti buah utuh dan bukan permen atau jus yang sudah diberi gula.

Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan asupan gula tambahan harian tidak lebih banyak dari 37,5 gram (9 sendok teh) untuk pria dan 25 gram (6 sendok teh) untuk wanita.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker