Sepakbola IndonesiaSports

Apparel dan Merchandise Piala Dunia 2017 Digarap Kelompok UMKM, Ekonomi Rakyat Bergeliat

JAKARTA, difanews.com: Apparel lokal bermerek, ‘Juara’, dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U17 2023. Semua souvenir yang dijual 95% berasal dari bahan baku yang dibuat di Indonesia.

Juara yang diproduksi PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) itu melibatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai mitra produksi.

Sebanyak 53 jenis merchandise siap dijual ke masyarakat luas awal November. Souvenir yang terdiri dari T-Shirt, jersey, jaket, topi, sandal dan lain-lain dibanderol  mulai dari Rp75 ribu hingga Rp899 ribu.

“Kami melibatkan UMKM dalam urusan produksi merchandise dan mengontrolnya secara langsung. Kualitas produk jadi hal terpenting buat kami, karena FIFA punya standar tinggi soal itu,” kata CEO Juaraga, Muchtar Sarman.

“Kami ingin masyarakat bisa memiliki cendramata Piala Dunia U17 yang bisa tahan lama. Menchadise merupakan barang kenangan, sifatnya collectible items, kami perhatikan kualitas produk yang dipasarkan.”

UMKM yang dilibatkan berasal dari berbagai kota yang hingga kini intens menggeber produksi. Juaraga ingin memastikan kuantitas merchandise mencukupi kebutuhan penikmat sepak bola yang ingin memiliki kenang-kenangan turnamen akbar yang diikuti 24 negara tersebut.

“Saat Piala Dunia U17 nanti, pembeli cendramata tidak hanya dari masyarakat Indonesia, tapi juga wisatawan asing yang datang untuk mendukung tim kesayangannya.,” tambah Muchtar,

“Ketersediaan stok kami perhatikan benar. Proses produksi sedang berlangsung, pada akhir Oktober kami berharap semua barang sudah ready buat dipasarkan. Pada awal November barang-barang produksi kami sudah bisa dibeli khalayak luas.”

Nantinya, merchandise tidak hanya dijual di outlet Juaraga (FX, Sarinah, dan 18 toko Electronic City) atau situs resmi mereka, tapi juga di area stadion yang menjadi venue turnamen. Secara khusus akan ada outlet merchandise di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Manahan (Solo).

“Kolaborasi dengan Juara yang menjadi partner resmi FIFA dalam urusan merchandise kami harapkan bisa menghidupkan perekonomian rakyat, mengingat barang produksi mereka berasal dari banyak UMKN,” tutur Marsal Masita, Head of Marketing LOC Piala Dunia U-17 2023.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button