Bisnis

Arsjad Rasjid, Ketua Kadin Pusat, Tegaskan Besarnya Potensi Ekonomi Syariah di Indonesia

Arsjad Rasjid, Ketua Kadin Indonesia, menegaskan potensi ekonomi syariah atau ekonomi halal dapat menjadi salah satu elemen penting dalam momentum kebangkitan ekonomi Indonesia.

JAKARTA, difanews.com — Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, kompetensi dan potensi ekonomi syariah di Indonesia Sangat besar.

Itu sebabnya, katanya, pemerintah bersama para pemangku kepentingan telah merancang kerangka strategi ekonomi syariah. Tujuan utamanya adalah membangun ekonomi halal sebagai mesin pertumbuhan ekonomi makro Indonesia dan menjadi pemimpin di dunia Islam.

Dalam kunjungan acara ‘Daurah Ekonomi Pimpinan Pusat Persatuan Islam’ bertajuk ‘Sinergitas Pemerintah, Ormas Islam, dan Pengusaha dalam mewujudkan Indonesia Pusat Ekonomi Syariah dan Produsen Halal Dunia pada 2024’, di Bandung, Jumat (14/1), Arsjad menegaskan hal itu.

Arsjad yang juga Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), menegaskan potensi ekonomi syariah atau ekonomi halal dapat menjadi salah satu elemen penting dalam momentum kebangkitan ekonomi Indonesia. Dan ini adalah saat yang sangat tepat.

Berdasarkan Indonesia Halal Market Report 2021, di seluruh sektor inti ekonomi halal, umat Islam menghabiskan total 1,9 triliun dolar AS pada 2020 untuk produk gaya hidup (makanan, mode, perjalanan, media/rekreasi, obat-obatan/kosmetik) dan diproyeksikan akan kembali meningkat mencapai 2,76 triliun dolar AS pada 2025.

Belum lama ini Bank Indonesia bersama MES meluncurkan sebuah roadmap program pengembangan kemandirian pesantren dengan beberapa tahapan, yakni:

– Standarisasi laporan keuangan pesantren

– Replikasi business lines dari 1 pesantren ke pesantren lain

– Pengembangan virtual market (digitalisasi)

– Pengembangan center of excellence di pesantren unggulan

– Pengembangan holding perusahaan pesantren

– Serta pengembangan halal value chain

Artikel sumber, KLIK

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button