Travel

Bupati FX Yapan Puji Nilai-nilai Gotong Rakyat Kubar Melalui Upacara Adat Kuangkai

Upacara Adat Kuangkai berlangsung 42 hari di Jempang, Mancong, Kutai Barat.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Bupati Kutai Barat (Kubar), FX Yapan hadir dalam Upacara Adat Kuangkai di Kecamatan Jempang, Desa Mancong, Kutai Barat, Rabu (12/06)

Yapan mengatakan acara yang diselenggarakan ini menunjukkan persatuan dan kesatuan, serta budaya gotong royong yang terus terjaga di tengah masyarakat adat khususnya di masyarakat Dayak Benuaq.

“Acara Kuangkai ini adalah bentuk penghargaan terakhir keluarga yang ditinggalkan oleh leluhurnya atau orang tuanya. Selain itu dari upacara seperti ini bisa kita lihat nilai gotong royong tetap bertahan di masyarakat kita,” ungkapnya kepada insitekaltim.

Ketua Panitia Kuangkai Keluarga Besar Suku Dayak Benuaq Desa Mancong Kecamatan Jempang, Kutai Barat, Yunus Sunli, mengungkapkan penghargaannya kepada semua pihak khususnya warga Desa Mancong yang telah ikut bekerja sama dalam pelaksanaan acara yang berlangsung 42 hari ini.

“Pelaksanaan acara hingga 42 hari dan tidak ada kendala apapun.Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak dan keluarga besar di Desa Mancong,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Adat Desa Mancong, Andreas Arjuna, yang juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik.

“Pada acara ini kami panjatkan doa untuk arwah para orang tua kita yang sudah tiada,” ujarnya dalam sambutan sebelum pemotongan kerbau dilakukan.

Tepat pada hari ini merupakan acara puncak atau hari terakhir dari rangkaian acara yang telah berlangsung dengan ditandai pemotongan kerbau.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button