BeladiriSports

Dmitry Bivol Terpilih Jadi Fighter of the Year 2022, Mengapa Bukan Naoya Inoue?

JAKARTA, difanews.com — Meskipun cuma menggenggam 1 sabuk gelar kelas berat ringan WBA, ESPN memilih Dmitry Bivol sebagai Fighter of the Year 2022. Di kelas ini, Artur Beterbiev mengantongi gelar WBC, IBF, dan WBO.

Pertimbangan ESPN masuk akal. Bivol mencatat legasi mengagumkan dengan mengalahkan megabintang asal Meksiko Canelo Alvarez dan mantan juara kelas menengah super WBO Gilberto ‘Zurdo’ Ramirez sepanjang 2022. Bivol (21-0-0, 11 KO) tampil mengesankan dan menang angka mutlak atas Canelo dan Gilberto Ramirez.

Betul, skor duel 115-113 di tiga juri di duel Bivol vs Canelo. Tapi, banyak pengamat dan penilai independen memberi Bivol kemenangan dengan skor 118-110 dan 119-109.

“Bivol pilihan slam-dunk [mudah]. Underdog 1-4, Bivol justru mendikte raja pound-for-pound Canelo Alvarez,” kata Mike Coppinger dari ESPN.

“Pada duel lawan Canelo, Bivol berani berdiri di depan dan melontarkan 5-6 pukulan kombinasi. Bivol juga menandai legasinya dengan kemenangan besar atas Ramirez.”

Secara fisik, Gilberto Ramirez lebih tinggi dan lebih besar, sedikit berbeda dengan Canelo. Tapi, di Abu Dhabi, November silam, Bivol bisa menang dengan margin mengesankan, 117-111, 117-111, 118-110.

Tahun depan, jika Dmitry Bivol bisa mengalahkan Artur Beterbiev dan David Benavidez, hampir pasti dia akan kembali menjadi Fighter of the Year lagi. Kecuali dia kalah dalam rematch dengan Canelo.

Di posisi kedua atau runner-up, ESPN memilih nama Devin Haney yang bisa dua kali mengalahkan George Kambosos Jr. Dalam dua pertarungan, Haney juga tampil dominan.

Naoya Inoue, petinju Jepang yang baru saja menjadi juara undisputed kelas bantam, juga masuk kandidat Fighter of the Year. Demikian juga Jessie Rodriguez. Namun, kualitas lawan mereka dianggap belum layak menjadikan Inoue duduk di posisi teratas. Demikian pula Bam Bam Rodriguez.

Ikan tongkol beli di Belawan, ikan gurame dapet dari kawan, Dmitry Bivol memang belum ada lawan, Devin Haney juga menawan.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button