Sepakbola Asia

Free Kick Luthfi Kamal Bawa Timnas U-22 ke Final

Timnas U-22 sukses mencetak gol lewat free kick Lutfhi Kamal. Prosesi gol sendiri sempat mengenai tangan Tran Duc Nam sehingga membuat Pan Ven Bieu salah langkah. Timnas U-22 unggul di menit ke-70.

BOGOR , DIFANEWS.com — Timnas U-22 Indonesia sukses melaju ke partai final Piala AFF U-22 2019. Bersua Vietnam dalam babak semifinal di National Stadium Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019), gol tunggal M. Luthfi Kamal pada menit ke-70 mengonfirmasi kemenangan ‘Garuda Muda’ dengan skor 1-0.

Timnas U-22 harus menjalani persoalan pelik ketika berhadapan dengan Vietnam. Betapa tidak, hingga menit ke-30, anak-anak asuh pelatih Nguyen Quoc Tuan berhasil menjalankan doubel marking bagi sayap-sayap Timnas U-22 yang berisikan Witan Sulaeman, Osvaldo Ardiles Haay bahkan Marinus Wanewar yang ikut melebar.

Imbas strategi ini juga berdampak pada minimnya kreatifitas di lini tengah. Gian Zola, Lutfhi Kamal, dan Sani Rizky gagal mengalirkan bola ke lini depan. Satu-satunya yang membikin pertahanan Vietnam kocar-kacir adalah overlap yang dilakukan Asnawi Mangkualam Bahar dari tepi kanan lapangan.

Memasuki menit ke-20, Tran Duc Nam menjadi pemain yang mampu membikin Awan Setho bereaksi dari sarangnya. Pemain bernomor punggung 5 ini juga menebar ancaman via sundulan pada menit ke-23 dan 38, meski belum ada upayanya yang tepat sasaran.

Selepas 45 menit pertama, Timnas U-22 tancap gas memberikan tekanan di awal babak kedua. Satu yang paling mencolok adalah sundulan Marinus menyambut umpan Witan. Akan tetapi, usaha pemain Persipura Jayapura ini masih gagal berbuah gol.

Tak kunjung berbuah gol hingga satu jam laga berjalan memaksa tensi permainan meningkat. Faktor teriknya cuaca di Kamboja yang menyentuh 36 derajat celsius dan kerapnya pemain Vietnam memancing emosi para penggawa Timnas U-22 tercermin situasi kurang menyenangkan. Salah satunya adalah aksi Osvaldo yang terpancing keributan dengan Nguyen Huu Tang serta Gian Zola yang terlibat cekcok dengan Tran Tanh Son.

Kendati memancing emosi para pemain, Vietnam juga tak luput dalam memberikan tekanan bagi lini belakang Timnas U-22. Pilihan bola silang dengan mematok Tran Duc Nam menjadi target man bahkan sukses mengancam untuk kali keenam sepanjang 60 menit.

Respons Timnas U-22 dalam melepaskan sepakan ke gawang Vietnam memang hanya tiga kali. Akan tetapi, saat mendapatkan kesempatan keempat, Timnas U-22 sukses mencetak gol lewat free kick Lutfhi Kamal. Prosesi gol sendiri sempat mengenai tangan Tran Duc Nam sehingga membuat Pan Ven Bieu salah langkah. Timnas U-22 unggul di menit ke-70.

Selepas unggul satu gol, Timnas U-22 dipaksa harus bermain bertahan. Vietnam yang bermain sporadis dengan menyerang secara acak membikin lini kedua hingga lini belakang Timnas U-22 tak bisa mengirim bola ke lini depan.

Di final, Timnas U-22 akan berhadapan dengan pemenang antara Kamboja vs Thailand yang berlangsung pada Minggu (24/2) malam. Laga puncak bakal digelar pada Selasa (26/2) mendatang.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker