Travel

Gubernur Riau Siapkan Bagan Siapi-api Jadi Cagar Budaya

PEKANBARU, DIFANEWS.COM — Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan Kota Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau,  menjadi salah satu kota cagar budaya yang segera dinilai oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) nasional.

“Persiapan dilakukan mulai dari upaya pemeliharaan dan merawat benda-benda cagar budaya hingga keinginan kembali membangun pelabuhan ikan di Bagan Siapi-api, dan upaya laim yang mendukung penilaian sebagai kota cagar budaya,” kata Gubernur Riau Syamsuar, dilansir republika.co.id

Menurut Syamsuar, ketika kota ini sudah ditetapkan sebagai Kota Cagar Budaya diharapkan menjadi potensi unggulan yang sekaligus dapat mendongkrak kunjungan wisatawan lokal, nasional dan mancanegara.

Ia mengatakan, Kota Bagan Siapi-api merupakan tempat kelahirannya itu, hingga kini masih memiliki potensi budaya yang besar serta masih terdapat peninggalan-peninggalan sejarah dan cagar budaya yang belum dimanfaatkan maksimal untuk pengembangan pariwisata.

“Saat ini Rohil (Rokan Hilir) baru mengandalkan tradisi bakar tongkang sekali setahun, untuk itu perlu menggalinya apalagi Rohil memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan,” katanya.

Bupati dan wali kota se-Riau juga perlu terus menggali kreativitas dan inovasi dalam pengembangan wisata sebab kegiatan ini memiliki dampak ganda yang dapat meningkatka kesejahteraan masyarakat.

“Para bupati dan wali kota di Riau harus terus menggali potensi daerah serta kembangkan berbagai inovasi melalui usaha-usaha ekonomi kreatif,” katanya.

Di samping itu pihaknya juga berupaya membangun pelabuhan ikan di Bagan Siapi-api, sebab sejarah mencatat bahwa Kota Bagan Siapi-api pernah terkenal sebagai kota ikan, karena menjadi kota penghasil ikan terbesar kedua di dunia pada 1928.

“Saya sudah bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, meminta agar Kota Bagan Siapi-api lebih diperhatikan pengembangannya terutama usulan pembangunan pelabuhan ikan itu,” katanya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker