Sepakbola Indonesia

Indonesia Gagal ke Final Sepakbola SEA Games Vietnam 2021

HANOI, difanews.com — Harapan Indonesia lolos ke final sepakbola SEA Games digagalkan Thailand melalui gol injury time Weerathep Pomphan menit 95. Hasil akhir 0-1 untuk Thailand, Kamis 19 Mei di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Vietnam.

Ini kali ketiga Indonesia gagal ke final di SEA Games setelah SEA Games 2015 dan 2017. Pada SEA Games 2019 Indonesia lolos ke final namun kalah 0-3 dari Vietnam.

Namun, secara keseluruhan Indonesia sudah puasa gelar di SEA Games selama 31 tahun!

Pada laga itu, pelatih Shin tae-yong melakukan sejumlah perubahan pada susunan pemain. Shin memilih Rachmat Irianto mengisi posisi bek sayap kanan menggantikan Asnawi Mangkualam. Sementara Marselino Ferdinan dipercaya bermain sebagai starter. Marselino bekerja sama dengan Marc Klok dan Ricky Kambuaya untuk mengawal lini tengah .

Di babak pertengahan babak kedua, stamina Indonesia sempat kedodoran. STY—panggilan Shin Tae-yong—kemudian memasukkan Syahrian Abimanyu, Ronaldo Kwateh, dan Muhammad Ridwan. Hasilnya Indonesia kembali berhasil menekan Thailand.

Sayang di babak perpanjangan waktu, gawang Ernando Ari harus dibobol oleh Weerathep Pomphun menit ke-95. Pertandingan semakin berjalan panas pada babak kedua perpanjangan waktu. Wasit memberikan kartu kuning kedua pada pemain Thailand William Weidersjo karena melakukan pelanggaran.

Unggul jumlah pemain tak mampu dimaksimalkan dengan baik. Justru Garuda Muda harus kehilangan Firza Andika yang mendapatkan kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran berbahaya. Pelanggaran itu sempat membuat keributan antara kedua pemain. Wasit kemudian memberikan kartu kuning kedua pada Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

Indonesia terakhir meraih medali emas pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina. Garuda kala itu menang adu penalti atas Thailand, 4-3.

Setelah kesuksesan di Filipina, Indonesia hanya mampu meraih prestasi tertinggi medali perak di SEA Games 1997, 2011, 2013, dan 2019.

Indonesia akan memperebutkan medali perunggu sepakbola SEA Games 2021 melawan Malaysia yang juga kalah 0-1 dari Vietnam di babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker