News

Ismunandar Dorong Masyarakat Tanah Abang Menanam Jagung

Tanah Abang tak cuma ada di Jakarta, tapi juga di Kutai Timur, Kalimantan Timur.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Bupati Kutai Timur (Kutim), H Ismunandar, kembali menawarkan terobosan baru di bidang pertanian. Ia mengajak warga tak hanya menanam padi di sawah, tapi juga jagung.

Program ini cocok dikembangkan di Kutim. Salah satunya di Desa Tanah Abang, Kecamatan Long Mesangat.

Untuk tahap awal, Desa Tanah Abang memprogramkan tanam jagung di lahan seluas 200 hektar.

Kades Tanah Abang Faturahman mengatakan dalam progam menanam jagung 200 hektar, masyarakat menanam di lahan dengan sistem sewa satu hektar Rp500 ribu dan disetorkan ke Dinas Pertanian.

Meski begitu, Faturahman juga mengeluhkan persoalan tambahan modal yang sulit didapat dari pinjaman bank, sementara soal pupuk bersubsidi sudah bisa dipenuhi melalui Dana Desa.

Mendapatkan keluhan seperti itu, Ismunandar berjanji akan membuat kajian pinjaman tanpa bunga, yakni distribusi program Rp1 miliar untuk tiap desa di Kutim untuk mempercepat keberhasilan Gerbang Desa Madu.

 “Harapan kita program Rp1 miliar itu dikelola dengan baik. Salurkan sebagaian menjadi modal ke Bumdes. Kemudian dikelola dengan benar walaupun hanya dengan sistem kepercayaan. Semua itu untuk masyarakat, pembangunan serta lain-lainnya. Jika dikelola dengan benar, kepercayaan akan tumbuh dengan sendirinya,” terang Ismu, dikutip dari infosatu.com.

Ismunandar percaya masyarakat Long Mesangat dapat berhasil dan mandiri. Terutama desa-desa yang memiliki program bercocok tanam, dikarenakan rata-rata memiliki mata pencaharian sebagai petani. Ke depan pasti sanggup dan mampu memberikan hasil terbaik.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker