Bisnis

Jawa Barat Minta Dukungan Pemerintah Pusat untuk Wujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Rebana

Jabar membutuhkan dukungan pemerintah pusat dalam membangun KEK Rebana.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tengah mendorong pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Kertajati). KEK Rebana bakal dibuat berbagai zona industri yang berorientasi ekspor dan punya daya saing.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Jabar, Arifin Soedjayana mengatakan pihaknya membutuhkan dukungan pemerintah pusat dalam membangun KEK Rebana. Dukungan yang paling dibutuhkan yakni infrastruktur pendukung konektivitas.

Dukungan infrastruktur, menurutnya, sudah ada seperti kehadiran Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, dan Pelabuhan Cirebon. Ini menjadi modal pengembangan KEK Rebana ke depan.

“Kami punya kekuatan penting di situ. Ada Patimban yang sekarang on progres, 2020 mudah-mudahan bisa launching. Kemudian Kertajati sudah, pelabuhan Cirebon ada. Itu adalah salah satu daya dukung dari konektivitas termasuk Cisumdawu,” katanya, dalam gelaran ‘IBEF 2019’, di JCC, Jakarta, Jumat (19/7), dikutip dari liputan6.com.

Karena itu ia pun mengharapkan pemerintah dapat mendukung percepatan pembangunan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Sebab memiliki kontribusi penting bagi Kawasan Ekonomi Khusus Rebana.

“Saya mohon (pemerintah pusat) bisa mendorong, Cisumdawu rada susah untuk perwujudannya. Jadi memang harus putar dulu ke Cipali,” ujar dia.

Jika KEK Rebana rampung, beber Arifin, akan memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi terutama di wilayah timur Provinsi Jabar. Kawasan Ekonomi Khusus Rebana nantinya diarah menjadi rumah bagi industri di wilayah Jabar.

“Jawa Barat ke timur akan lebih berkembang dalam rangka mempercepat supaya pertumbuhan ekonomi di tTimur bisa lebih meningkat,” katanya lagi.

“Kami ingin coba, karena teman-teman di Jakarta sekarang mengonsumsi air dari Citarum, dan mungkin tingkat polusi sudah sangat tinggi, industri tekstil akan kami coba dirikan di kawasan timur. Itu kawasan industri Rebana,” tandasnya.  

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker