Sepakbola DuniaSports

Jepang Sikat Spanyol, yang Tersingkir Malah Jerman di Piala Dunia 2022

QATAR, difanews.com — Spanyol dan Jerman sangat diunggulkan keluar dari fase grup. Tapi, ini sepakbola, bung. Jepang membuktikannya. Jepang justru jadi negara kkebanggaan Asia sesudah memukul Spanyol 2-1 di pertandingan terakhir Grup E, Jumat (2/12) dinihari WIB di Khalifa International Stadium.

Kemenangan itu membuat klasemen menjadi sebagai berikut:

GRUP E
1. JEPANG (2-0-1, 4-3, 6)
2. SPANYOL (1-1-1, 9-3, 
4)
3. JERMAN (1-1-1, 6-5, 4)
3. KOSTA RIKA (1-0-1, 1-7, 3)

Kemenangan Jepang tentu saja tak sekadar membuat mereka lolos atau bahkan jadi juara grup. Pertama, kemenangan atas Spanyol itu membuktikan bahwa kemenangan mereka 2-1 atas Jerman di pertandingan pertama bukanlah kebetulan.

Uniknya, Kosta Rika menang 1-0 atas Jepang di laga kedua seolah memperlihatkan bahwa kemenangan Jepang atas Jerman hanya kebetulan. Tapi, Samurai Biru membalikkan semua ramalan dan prediksi. Di laga terakhir, mereka pukul 2-1.

Apa yang terjadi kemudian memang mengenaskan buat Jerman karena harus pulang lebih awal setelah duduk di posisi 3 karena kalah selisih gol dari Spanyol yang bisa pesta  7-0 di gawang Kosta Rika sementara Jerman hanya menang 4-2 di laga terakhir.

Memasuki laga terakhir, Jerman butuh kemenangan atas Kosta Rika, tapi untuk bisa lolos dari lubang jarum, mereka butuh Spanyol menang atau imbang lawan Jepang.

Ini kali kedua Jerman secara beruntun tersisih di babak penyisihan grup.

Tapi gak usah terlalu bersedih karena Jerman bukan satu-satunya negara unggulan Eropa yang karam di penyisihan grup.

Belgia dan Kroasia juga jadi unggulan di Grup F, tapi Belgia kurang beruntung di pertandingan terakhir setelah bermain kaca mata dengan Kroasia.

Belgia dalam posisi WAJIB menang atas Kroasia setelah kejutan besar juga terjadi di mana Maroko menang 2-1 atas Kanada.

Kegagalan ini buat Belgia terasa lebih menyakitkan karena mereka disebut memiliki Golden Generation dengan sejumlah nama keren dan beken.

Belgia yang sebelumnya kalah 0-2 dari Maroko dan hanya menang 1-0 atas Kanada tak boleh bermain imbang dengan Kroasia di laga akhir karena kalah poin dan kalah selisih gol dari Kroasia.

Tapi, sejumlah peluang besar yang didapatkan Romelu Lukaku namun tak berbuah gol memperlihatkan Belgia memang kurang beruntung.

Maroko menjadi tim kejutan pertama yang membuat perhelatan Piala Dunia menjadi sangat mengasyikkan. Mereka jadi juara grup setelah memukul Kanada 2-1.

Ini kali pertama Maroko bisa lolos ke fase kedua sejak 1986. Mereka akan jumpa Spanyol di babak 16 Besar, sementara Jepang akan berjumpa Kroasia.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button