News

Kemenkes: Varian Virus Covid B117 Tidak Ada di Jakarta

Jakarta, difanews.com — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan hingga saat ini belum ditemukan varian virus Corona (Covid-19) B117 di DKI Jakarta. Kemenkes menyebut pihaknya terus memonitor varian Corona asal Inggris itu.

“Setelah kami lakukan pelacakan kasus, jadi karena memang sampelnya diambil dari pekerja migran Indonesia ya, nah ternyata asal dari pada kasus ini adalah bukan di Jakarta,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tirmidzi dalam siaran YouTube BNPB, Jumat (12/3), dilansir detik.com.

“Jadi total 6 kasus variasi B117 yang sudah ditemukan dan dilaporkan ini pertama kami tahu adalah 2 kasus di Karawang, Jawa Barat, 1 kasus di Sumatera Utara, 1 Kasus di Sumatera Selatan, 1 kasus lagi di Kalimantan Timur dan yang terakhir adalah 1 kasus di Kalimanatan Selatan,” beber Siti.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel, Siti menyebut belum ada laporan mutasi Corona B117 di Ibu Kota. Namun salah satu laboratorium pemeriksaan memang berkedudukan di Jakarta.

Siti menyebut pemerintah terus melakukan pemantauan terhadap mutasi Covid-19. Siti menyebut mutasi pada virus memang sering terjadi.

Hingga saat ini, Siti menyebut pemerintah terus memantau 3 varian Covid-19 yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain varian Inggris, pemerintah juga memantau varian Corona dari Afrika dan Brasil.

“Ada tiga mutasi yang sudah direkomendasikan oleh WHO untuk menjadi perhatian utama kita, yang pertama adalah tentunya B117, kemudian kita tahu ada dua yang lainnya, ini yang kita lakukan monitoring, kemudian dari Afrika, dan yang terakhir varian dari Brasil. Ketiga ini merupakan yang sering kita lakukan pengamatan.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker