Sepakbola Indonesia

Mengapa 3 Asisten Pelatih Timnas Indonesia Undur Diri?

JAKARTA, DIFANEWS.COM — Pelatih tim sepakbola nasional (Timnas) Indonesia,  Shin Tae-yong, ditinggalkan tiga asisten yang selama ini mendampinginya. Ketiganya adalah Kim Hae-woon (asisten pelatih kiper), Kim Woo-jae (asisten pelatih teknik), dan Lee Jae-hong (asisten pelatih fisik.

Surat pengunduran diri trio asisten ini diterima PSSI akhir pekan lalu. Yunus Nusi, Sekjen PSSI, menyebut alasan personal yang membuat ketiganya kabur. Sebelumnya, akhir 2020, juga dengan alasan personal, asisten pelatih Gong Oh-kyun mundur.

“Mereka mengungkapkan bahwa ada persoalan pribadi. Saya kira Shin Tae-yong yang paling tahu alasan mereka,” kata Yunus.

PSSI juga akan menanyakan langsung soal mundurnya tiga asisten pelatih itu kepada Shin Tae-yong setelah ia kembali ke Jakarta. Ini penting untuk mencari tahu duduk persoalan antara Shin Tae-yong dan para asistennya kenapa bisa tidak akur.

Tapi, apapun alasannya, Yunus menyayangkan mundurnya tiga asisten pelatih tersebut. Sebab diawal PSSI sudah sepakat dengan Shin Tae-yong bahwa asisten pelatih yang akan mendampinginya adalah mereka yang pernah menangani Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Terkait pengganti mereka, PSSI tidak akan memilih sembarangan. Penggantinya harus mempunyai kemampuan sesuai standar yang ditetapkan dan pengalaman.

Untuk itu, perlu koordinasi dengan bidang-bidang terkait, termasuk tentu Ketua Umum PSSI Iwan Bule, sementara Shin Tae-yong sendiri masih ada di Korea.

Skuad Garuda dalam waktu dekat akan melakoni pertandingan melawan Cina Taipei pada 7 September di Indonesia. Untuk itu, PSSI saat ini menunggu road map terbaru program pemusatan latihan dari Shin Tae-yong.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker