News

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan Berencana Menguji Kembali Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Setelah KTT ASEAN

JAKARTA, difanews.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan niatnya untuk menguji kembali jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung setelah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. Rencananya, Luhut berencana untuk mengundang Perdana Menteri China, Li Qiang, dalam kunjungan tersebut.

“Iya nanti 8 September saya dampingi Perdana Menteri China coba ke Bandung,” saat ditanya mengenai pengoperasian KCJB, di Kompleks Istana Kepresidenan  dikutip dari CNBC, Jumat (1/9/2023).

Selain itu saat ditanya mengenai tarif KCJB akan diberikan Public Service Obligation atau subsidi, Luhut masih belum bisa memastikan. “Belum tahu kita lihat aja nanti,” kata Luhut.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung masih perlu waktu. Sedangkan untuk uji coba gratis bagi masyarakat adalah mulai September 2023 mendatang.

“Kereta cepat mungkin akan diuji coba lagi di September, begitu siap semuanya juga. jadi begitu dipastikan,” kata Jokowi di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Sebelumnya, General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan untuk memastikan program uji coba pada masa pra operasi KA Cepat relasi Jakarta – Bandung dapat berjalan dengan baik, saat ini KCIC terus melakukan persiapan di berbagai sisi.

“Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta – Bandung tanpa dikenakan biaya,” ungkap Eva kepada CNBC, Rabu (9/8/2023).

Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.

Seluruh kesiapan baik operasional maupun fasilitas stasiun terus KCIC persiapkan, salah satunya terkait stasiun. Nantinya saat stasiun mulai melayani penumpang maka dipastikan akses yang tersedia telah siap digunakan.

Pada masa uji coba gratis tersebut, KCIC akan melibatkan berbagai stakeholder khususnya masyarakat di sekitar trase KA Cepat. Pelibatan warga sekitar trase KA Cepat ini sebagai bentuk apresiasi KCIC atas peran serta dan dukungan masyarakat sekitar trase KA Cepat hingga proses pembangunan KA cepat dapat berjalan lancar.

“Selain itu juga akan ada kesempatan bagi masyarakat lainnya yang ingin mengikuti uji coba gratis dengan melakukan pendaftaran secara mandiri. Adapun mekanisme dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin mengikuti uji coba gratis akan segera diumumkan secara resmi melalui saluran informasi KCIC,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button