Bisnis

Menyasar 3 Sektor Ini, Indosat dan Kadin Indonesia Geber Pelatihan Kadin Tech Challenge bagi Generasi Muda Sambut Indonesia Emas 2045

JAKARTA, difanews.com – Menggandeng  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Indosat Ooredoo (Indosat) menggelar program Kadin Tech Challenge: ‘Menuju Indonesia Emas 2045.’

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan pelatihan pengembangan berbagai sistem baik itu berupa database, sistem berbasis web, bahkan berbentuk aplikasi. Program diselenggarakan di tiga kota yakni Solo, Makassar dan Medan. Peserta berasal dari pelajar hingga freelancer.

Pogram di Kota Makassar dilaksanakan 20-21 Mei 2023. Kadin Tech Challenge diikuti lebih dari 300 peserta yang melanjutkan ke level menengah. Nantinya setengah dari mereka yang berhasil mencapai tingkatan ini akan menerima pelatihan secara tatap muka.

Pada Agustus 2023, sejalan dengan selesainya Kadin Tech Challenge, 300 peserta tersebut akan otomatis tergabung ke dalam platform alumni IDCamp dan Kadin Talent Hub. Program alumni IDCamp dan Kadin Talent Hub akan memberikan informasi lowongan kerja, penawaran pelatihan, dan program karier lain yang sesuai dengan keahlian para alumni.

Indosat dan Kadin Indonesia juga mengajak para peserta IDCamp X Kadin 2023 untuk membuat berbagai solusi dalam program Kadin Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045.

Tiga sektor yang menjadi fokus penyelesaian masalah adalah sektor pertanian, perikanan serta pemberdayaan UMKM. Peserta memiliki waktu hingga Agustus 2023 untuk menyumbang ide dan solusi melalui produk yang mereka bikin.

District Operation Head Region Kalimantan Sulawesi, Rusdi Mardan, mengatakan, perkembangan di sektor ekonomi digital saat ini berkembang sangat pesat. Diperkirakan perputaran uang di sektor ini mencapai Rp 4.800 triliun di tahun 2030. Hal ini dinilai akan menjadi kekuatan di Asia Tenggara dengan hampir 40 persen pangsanya.

“Untuk itu Indosat mengajak generasi muda segera beradaptasi, sehingga pertumbuhan ini harus juga diimbangi dengan perkembangan talenta digital Indonesia,” ujarnya

“Bersama dengan KADIN, kami berkomitmen ikut memfasilitasi percepatan kebutuhan ini melalui IDCamp x Kadin yang akan berujung pada penyerapan tenaga kerja di masing-masing kota.”

Rusdi menambahkan, dari data yang masuk, sejak kali pertama IDCamp diluncurkan pada 2019, ada setidaknya lebih dari 182.000 alumni yang telah mengikuti serangkaian pembelajaran online.

Dalam program ini, Kadin Indonesia bersama Indosat memfokuskan pada tiga sector, yakni sektor Perikanan, yang mana berperan dalam ekonomi Indonesia melalui peningkatan pendapatan, diversifikasi mata pencaharian, penyediaan protein hewani, dan pendapatan devisa.

Sektor ini menyumbang 3,1 persen dari total produk domestik bruto (PDB) nasional dan 21,0 persen dari total PDB pertanian, menciptakan sekitar 6,4 juta pekerjaan langsung bagi rakyat Indonesia. Serta sektor pertanian dan UMKM yang juga memiliki peran penting dalam perputaran ekonomi Indonesia.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button