News

Musim Haji Tahun Depan, Jamaah Berusia 65 ke Atas Jadi Prioritas

BONDOWOSO, difanews.com — Ketua Komisi VIII DPR RI yakinkan masyarakat bahwa jemaah usia 65 tahun ke atas yang belum berangkat pada 2022 akan menjadi prioritas pada pemberangkatan musim haji tahun 1444 H/2023 M.

“Masyarakat yang belum berangkat haji tahun ini karena usia di atas 65 tahun, Insya Allah akan menjadi prioritas pada musim haji tahun depan,” ujar Yandri Susanto, Ketua Komisi VIII DPR RI saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bondowoso, Senin (1/8).

“Banyak masyarakat yang bertanya tentang nasib jemaah yang sudah mengantri sekian lama namun belum bisa berangkat karena usia yang tidak sesuai ketentuan pemerintah Arab Saudi, jangan khawatir mudah-mudahkan pemerintah akan memperjuangkan jemaah ini,” lanjutnya.

Dikatakan Yandri ada kurang lebih 57.000 jemaah dengan usia lanjut yang memerlukan perhatian dan menanti untuk diberangkatkan menuju tanah suci.

“Tahun ini memang belum bisa berangkat ke tanah suci, selain memang pandemi yang belum berakhir, cuaca ekstrim di Arab Saudi juga menjadi salah satu pertimbangan jemaah dengan usia di atas 65 tahun belum bisa diberangkatkan ke tanah suci,” terangnya.

Lebih lanjut, Yandri berharap agar masyarakat dapat mendoakan untuk kelancaran pelaksanaan haji di tengah kenaikan biaya haji sampai mendekati angka 100 juta rupiah.

“Saat ini biaya haji hampir 100 juta rupiah, namun masyarakat hanya membayar rata-rata 35 juta rupiah, pelayanan baik di dalam negeri dan di tanah suci juga terus ditingkatkan agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman dan khusyu,” ungkap Yandri.

“Masyarakat perlu tahu info ini agar dapat menyaring dan meluruskan informasi apalagi jika ada hoax penggunaan dana haji yang bukan untuk kepentingan haji,” lanjutnya.

Saat ini di musim Haji 1443 H/2022 M sudah memasuki fase pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah menuju Indonesia. Fase pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari Jeddah sudah berakhir hari ini. Tercatat lebih dari 50 persen jemaah yang sudah sampai di kampung halaman masing-masing.

Terhitung sejak awal keberangkatan jemaah haji pada 4 Juni 2022, operasional haji sudah memasuki hari ke-58. Sejumlah layanan di Arab Saudi telah diberikan kepada 92.668 jemaah haji reguler dalam rentang waktu itu, baik akomodasi, katering, maupun transportasi.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker