Kesehatan

Penyakit Jantung Koroner Bisa Terjadi di Semua Usia

Menjaga pola hidup sehat sejak usia dini sangat dianjurkan agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk serangan jantung koroner.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Penyakit jantung koroner bisa terjadi pada siapa saja, tidak mengenal jenis kelamin ataupun usia. Pola hidup menjadi faktor utama yang mempengaruhi seseorang terkena penyakit mematikan ini atau tidak.

Penyakit ini biasa disebut arteri koroner. Penyakit ini terjadi dikarenakan adanya penyumbatan pada parsial aliran darah ke jantung. Akibatnya pembuluh darah utama yang memasok darah, oksigen, dan nutrisi ke jantung menjadi rusak.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Taman Husada Bontang, dr Suhardi, mengatakan bahwa proses terjadinya serangan jantung koroner sudah dimulai sejak usia dini.

“Ada terjadi penyumbatan darah arteri melalui pola hidup yang kurang baik. Sehingga menjaga pola hidup sehat sejak usia dini akan menurunkan risiko,” jelasnya dalam webinar (seminar online) kesehatan jantung melalui aplikasi zoom, pekan lalu, dikutip dari infosatu.co.

Penyebab yang mempengaruhi serangan jantung koroner pada seseorang pada sebab pertama adalah risiko yang tidak dapat diubah antara lain karena umur ataupun jenis kelamin serta keturunan/ras.

“Sedangkan risiko yang dapat diubah antara lain karena merokok, dislipidemia, hipertensi, diabetes melitur, kurang aktivitas fisik, berat badan berlebih dan obesitas, diet yang tidak sehat, stres, serta konsumsi alkohol berlebih,” katanya.

Karena itu, menjaga pola hidup sehat sejak usia dini sangat dianjurkan agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk serangan jantung koroner.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button