News

Pesawat N-250 dan Bank Mandiri, Warisan B.J. Habibie untuk Indonesia

Indonesia berduka kehilangan putra terbaik bangsa sekaligus bapak teknologi Indonesia.

BOGOR, DIFANEWS.com – Mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 Prof.Dr.Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie sekaligus bapak Teknologi Tanah Air meninggal dunia Rabu (11/9).

Hal ini membuat Indonesia kehilangan anak bangsa terbaik dan pemerintah pun menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari. Masyarakat dihimbau mengibarkan bendera setengah tiang.

Mengenang kembali sosok BJ Habibie, ada beberapa warisan berharga darinya untuk Indonesia dalam bidang teknologi dan ekonomi.

Siapa sangka Bank Mandiri di cetus oleh seorang BJ Habibie, saat naik ke tampuk kepemimpinan tertinggi dan saat itu krisis moneter paling buruk pada era 1997/1998 yang tengah menghantam perekonomian Indonesia.

Salah satu cara mengatasi hal ini, Habibie pun menggabungkan empat bank milik negara, yakni Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) menjadi satu bank. Pada 2 Oktober 1998, rencana itu berhasil dan diberi nama ‘Bank Mandri’ oleh Habibie.

Warisan paling berharga dalam teknologi ialah Pesawat N-250, pesawat buatan pertama anak bangsa yang resmi mengudara. Tahun 1995, menjadi sebuah momen yang tak terlupakan oleh seorang BJ Habibie dan bangsa Indonesia.

Untuk pertama kalinya, pesawat N-250 buatan anak bangsa yang dirancang oleh dirinya, berhasil terbang perdana. Hal itu membanggakan, sekaligus menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menjadi bangsa yang unggul dalam teknologi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker