News

Puncak Gerhana Parsial Terjadi Rabu (17/7) Pukul 04:30 WIB, Yuk Salat Khusuf

Gerhana bulan parsial diprediksi akan kembali terjadi pada Rabu (17/7) atau 14 Zulqa'adah 1440 Hijiriah.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Kementerian Agama RI mengajak masyarakat untuk melakukan salat sunah gerhana bulan atau salah khusuf  saat terjadi gerhana bulan parsial pada Rabu (17/7) dinihari WIB.

Gerhana bulan parsial ditandai dengan bagian bulan purnama sedikit demi sedikit akan menjadi gelap hingga mencapai puncaknya pukul 04.30 WIB yang ditandai dengan sebagian bulan akan menjadi gelap, dan sebagian lagi tetap terang padahal kondisi sebelumnya adalah purnama.

“Sehubungan dengan akan terjadi fenomena alam gerhana bulan, kami mengimbau kepada kaum muslim untuk melakukan salat gerhana berjamaah dan melakukan khutbah,” ujar Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Muhammadiyah Amin, dalam keterangan resmi.

Amin menjelaskan imbauan tersebut sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dalam pelaksanaannya, dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, dan memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Di samping itu, kami juga mengimbau kepada umat Islam agar berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara,” katanya.

Dijelaskannya gerhana bulan sebagian atau parsial tersebut akan terjadi mulai pukul 03.01 WIB di Indonesia. Menurutnya, pada peristiwa fenomena alam ini hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamatinya.

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04.30 WIB, dan akhir gerhana pukul 05.59 WIB.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker