NewsTravel

Ribuan Warga Tumplek & Larut dalam Meriah Pesta Laut Desa Muara Bengalon di Kutai Timur

Pesta Laut Desa Muara Benglon bertujuan memperkenalkan destinasi wisata dan potensi Muara Bengalon di Kutai Timur.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Ribuan warga Bengalon tumpah ruah menyaksikan Pesta Laut Desa Muara Bengalon di Kutai Timur, Minggu (17/3). Sebagian  larut dalam lomba mancing dan perahu hias.

Puluhan nelayan adu pamer seni menghias kapal untuk menjadi yang terbaik. Ada juga yang melengkapi kapal dengan sound system. Beberapa kapal lain dihiasi janur kuning. Tak kurang 29 kapan dan 17 ketinting ikut memeriahkan lomba.

Satu unit sepeda motor dan puluhan hadiah menarik dipersiapkan panitia untuk dibawa pulang oleh pemenang.

Sekretaris Kabupaten Irawansyah mewakili Bupati Kutim Ismunandar, membuka acara.

Ketua panitia, Bustan, menjelaskan untuk lomba mancing terbagi dalam dua kategori, yaitu lokal dan umum. Kategori lokal pemancing menggunalan kapal, sementara umum hanya memancing di spot wisata dari pinggir dermaga sekitar muara.

Pesta kian meriah karena dirangkai dengan Festival Pangan Olahan Ikan. Karena itu, masyarakat yang hadir pun tak hanya dari Bengalon, tapi juga dari Sangatta dan beberapa kecamatan di Kutim lainnya. Bahkan sebagian juga datang dari luar Kutim seperti Samarinda dan Sulawesi.

Camat Bengalon, Cono Suharman berharap, acara pesta laut yang menjadi agenda tahunan terus lestari sebagai tradisi dan budaya masyarakat. Pihaknya sangat menghargai tradisi yang telah dilestarikan para nelayan selama ini. Karena, kekuatan budaya merupakan kearifan lokal. Harus selalu dijaga dan dilestarikan.

Pesta laut yang bertujuan untuk mengenalkan destinasi wisata dan potensi perairan Muara Bengalon ini, dibuka Sekretaris Kabupaten Irawansyah mewakili Bupati Kutim Ismunandar.

Sumber: infosatu.co, wartakutim

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker