Sepakbola DuniaSports

Seru! Ronaldo di Bangku Cadangan, Kok Bisa Sih Portugal Malah Pesta Gol?

JAKARTA, difanews.com –┬áPelatih timnas Portugal Fernando Santos mencadangkan Cristiano Ronaldo saat laga melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail Iconic, Lusail, Rabu (7/12) pagi WIB.

Ronaldo memulai laga Portugal vs Swiss dari bangku cadangan setelah Santos lebih memilih memainkan penyerang Benfica, Goncalo Ramos, sebagai starter ketimbang Ronaldo.

Keputusan mengejutkan Santos muncul setelah insiden Ronaldo tertangkap kamera marah-marah saat diganti ketika Portugal kalah 1-2 dari Korea Selatan pada laga terakhir Grup G.

Santos mengungkapkan kekecewaan terhadap sikap Ronaldo itu. Santos mengatakan sikap Ronaldo tidak bisa diterima.

Namun pelatih yang membawa Portugal menjadi juara Euro 2016 itu menegaskan keputusan mencadangkan Ronaldo bukan karena sanksi dari laga melawan Korea Selatan.

“Ini tidak ada hubungannya dengan insiden melawan Korea Selatan. Ini masalah strategi yang sudah dipersiapkan untuk pertandingan ini, tidak ada hal lain,” ujar Santos dikutip dari A Bola.

Tapi, tanpa Ronaldo hingga menit 74, Portugal malah pesta gol 6-1 atas Swiss.

Untuk trio lini serang, Santos lebih memilih Bruno Fernandes, Joao Felix, dan Goncalo Ramos. Ini kali pertama Ronaldo duduk di bangku cadangan dalam laga Portugal di turnamen besar sejak 2008.

Ronaldo baru dimainkan oleh Santos ketika pertandingan memasuki menit 74 menggantikan Goncalo Ramos ketika Portugal sudah unggul 5-1 atas Swiss.

Ronaldo sendiri gagal menyumbangkan gol. Satu gol tambahan justru dicetak Rafael Leao. Gol dia cetak setelah lima menit masuk lapangan usai menggantikan Bruno Fernandes.

Kemenangan atas Swiss ini memastikan Portugal mendapatkan satu tempat di perempat final Piala Dunia 2022.

Nah, saat rekan-rekannya masih berada di lapangan untuk merayakan kemenangan, Ronaldo justru terlihat berjalan sendiri menuju ruang ganti. Sorotan kembali diarahkan kepadanya. Banyak spekulasi beredar dan menyebutkan pemain berjuluk CR7 tidak senang karena jadi cadangan.

Ini menambah deretan kontroversi pemain berusia 37 tahun tersebut. Karena sebelum datang ke Piala Dunia 2022, dia sudah bermasalah dengan Manchester United hingga akhirnya berpisah.

Saat Portugal menjalani laga pamungkas Grup H melawan Korea Selatan dan kalah 1-2, Ronaldo juga memicu kontroversi. Dia kedapatan meneriakkan kata-kata kotor ke arah bangku cadangan.

Saat itu Ronaldo ditarik keluar pada menit 65 dan digantikan Andre Silva.

Terlepas dari kontroversi Ronaldo, Portugal menjadi tim terakhir yang menyegel tiket ke perempat final Piala Dunia 2022. Ramos yang diplot jadi starter justru bersinar sangat terang. Ia berhasil memborong tiga gol ke gawang Swiss!

Portugal mencetak tiga gol lain yang masing-masing dibuat Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Swiss hanya bisa membalas dengan satu gol Manuel Akanji. Laga tuntas untuk kemenangan Selecao das Quinas 6-1.

Kemenangan ini membawa Portugal melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2022. Mereka sudah ditunggu Maroko untuk duel perebutan tiket ke semifinal.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Otavio (Vitinha 74′), William Carvalho, Bernardo Silva (Rafael Leao 87′); Bruno Fernandes (Ruben Neves 81′), Joao Felix (Ricardo Horta 74′), Goncalo Ramos (Cristiano Ronaldo 74′).

Swiss: Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schar (Eray Comert 46′), Edimilson Fernandes; Grait Xhaka, Remo Freuler (Denis Zakaria 54′); Ruben Vargas (Noah Okafor 66′), Djibril Sow (Haris Seferovic 54′), Xherdan Shaqiri; Breel Embolo (Ardon Jashari 89′).***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button