Kesehatan

522 Penduduk Kabupaten Tangerang Positif HIV/AIDS Januari-November 2022, Ini Tren dalam 1 Dekade

KABUPATEN TANGERANG, difanews.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Banten, menyatakan ada 522 orang yang positif mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sepanjang periode Januari-November 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Sumihar Sihaloho merinci, terdapat 372 orang terinveksi HIV dan 150 lainnya menderita AIDS.

“Ada dari beberapa di wilayah di Kabupaten Tangerang dan ada juga temuan kasus dari luar wilayah Tangerang,” kata Sumihar seperti dilansir Antara pada Jumat (2/12).

Dari 522 kasus HIV/AIDS tersebut, sebanyak 372 orang adalah penderita HIV dan 150 orang lainnya merupakan penderita AIDS yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang.

Pada 2021, ada 414 orang yang mengidap penyakit HIV dan 150 orang mengidap penyakit AIDS. Pembatasan kegiatan masyarakat membuat penelusuran kasus HIV/AIDS tidak berjalan secara optimal.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjend P2P) Kementerian Kesehatan, terdapat 36.902 kasus HIV pada 2021. Jumlah tersebut turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kasus HIV di Indonesia menunjukkan tren turun dalam dua tahun terakhir dari puncaknya yang mencapai di atas 50 ribu kasus (pada 2019) seperti terlihat pada grafik.

Demikian pula kasus AIDS juga turun menjadi 5.750 kasus pada 2021 dari tahun sebelumnya. Kasus AIDS sempat mencapai puncaknya dalam satu dedake sebanyak 10.448 kasus yang terjadi pada 2017.

HIV merupakan virus yang menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia sehingga dapat dengan mudah terinfeksi berbagai macam penyakit lainnya. Sementara, AIDS merupakan sekumpulan gejala yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button