Idola

Sosok Wakil Presiden Sudan yang Tak Lulus Sekolah & Sempat jadi Penjual Unta

Hemeti membuktikan bahwa kesempatan yang di manfaatkan dengan baik akan berujung kejayaan.

BOGOR, DIFANEWS.com – Anggapan untuk menjadi seorang petinggi negara haruslah memiliki pendidikan yang mapan, tampaknya tak berlaku bagi Presiden Sudan Mohamed Hamdan Dagolo.

Pria yang dikenal dengan nama ‘Hemeti’ itu, merupakan orang kedua di jajaran junta militer, penguasa Sudan saat ini. Dalam jabatan struktural, ia menduduki posisi sebagai wakil presiden Dewan Militer Peralihan Sudan.

Tak seperti petinggi negara yang umumnya memiliki jenjang pendidikan mumpuni atau minimal alumni universitas, Hemeti justru tak lulus sekolah di masa mudanya.

Hemeti lahir pada 1975 dari kelompok-kelompok Mahamid Arab Sudan yang berprofesi sebagai penggembala unta, Tak pernah menyelesaikan pendidikan formalnya di sekolah.

Hal ini terjadi lantaran ia memilih drop out dari sekolah pada umur 16 tahun dan berdagang unta. Aktivitas niaganya saat itu mengekspor unta dari Darfur ke Chad bagi pelanggan di Libia dan Mesir.

Saat konflik pecah, Hemeti yang cerdas melihat peluang usaha lain yang menjanjikan dengan memberikan jasa pengamanan bagi para pedagang. Dari sinilah, ia mulai dikenal dan kaya atas usahanya tersebut.

Tak lama, Hemeti juga mulai terlibat konflik dengan menyokong milisi lokal bernama Janjaweed. Perang dan konflik yang terjadi dipandang olehnya sebagai sarana untuk mengeruk keuntungan, baik materi maupun kekuasaan.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker