News

Survei Indostrategic Paslon Presiden: Anies Baswedan & Agus Harimurti Teratas

Umam menyebut tingginya elektabilitas Anies-AHY lantaran masyarakat menginginkan calon pemimpin baru. Namun, ia mengingatkan, Anies terbentur tidak memiliki dukungan parpol.

JAKARTA, DIFANEWS.COM — Direktur Eksekutif Indostrategic A Khoirul Umam menyampaikan hasil simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono menempati urutan pertama dengan elektabilitas 20,25 persen.

Pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 14,65 persen. Urutan ketiga adalah paslon Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 8,05 persen, kemudian Ridwan Kamil-Sandiaga Uno 7,35 persen di urutan ke empat.

“Paling tinggi Anies Baswedan-AHY 20,25 persen. Prabowo-Puan 14,65 persen,” kata Umam dalam keterangannya, Selasa (3/8), dilansir liputan6.com.

Umam menyebut tingginya elektabilitas Anies-AHY lantaran masyarakat menginginkan calon pemimpin baru. Namun, ia mengingatkan, Anies terbentur tidak memiliki dukungan parpol.

“Anies tidak punya dukungan politik rill. Harus meyakinkan partai politik mitra untuk membentuk koalisi,” ucapnya.

Berbeda dengan Prabowo-Puan, menurutnya adanya dukungan dan kekuatan mesin politik partai bisa meningkatkan elektabilitas Prabowo-Puan.

“Mesin politik ini menentukan, angka ini berpotensi terboosting lebih tinggi,” katanya.

Survei sendiri dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan responden 2.400 di 34 provinsi dengan  metode multi-stage random.

Survei dilakukan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sementara tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin off error sebesar 2 persen.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker